fbpx

Inspirasi Model Keramik Tangga Rumah Minimalis

verified

Ashlih Qurrota A'yuni

Artikel tentang keramik tangga dibuat oleh tim konten ROOMA. Setiap hari, akan ada cerita baru untuk anda.

Keramik merupakan bahan pelapis populer yang dapat diaplikasikan untuk melapisi lantai, dinding dan pijakan tangga. Bahan keramik banyak dipilih karena kelebihannya yang mudah dibersihkan. Jika memilih model keramik sama halnya memberi jiwa pada hunian anda, maka begitu juga dengan memilih model keramik tangga.

Selain untuk untuk menambah nilai estetika, memilih keramik tangga juga dapat berdampak pada kemudahan dan kemanan akses. Karena tangga tidak sekedar sebagai penghubung antar lantai hunian, namun juga bisa menjadi komponen penting pemanis dekorasi interior sebuah hunian.

Keramik Tangga Rumah Minimalis

Setiap tangga mewakili 2 bidang, yaitu bidang mendatar yang disebut antrade dan bidang tegak yang disebut optrede. Cara memperindah dekorasi ruangan dapat dilakukan dengan memainkan tampilan dari dua bidang tersebut. Salah satu langkah dekorasi yang bisa ditempuh adalah dengan memberikan sentuhan desain dengan menggunakan keramik tangga.

Model Keramik Tangga

Sebelum memutuskan untuk membeli keramik, sebaiknya anda menyimak beberapa model keromendasi keramik dari kami yang siap menambah nilai estetika pada hunian anda. Sebelum keputusan memilih keramik diambil, sebaiknya bicarakan tentang pilihan model yang anda dengan seluruh penghuni rumah. Agar keputusan yang diambil benar – benar telah mewakili selera seluruh penghuni rumah dari sisi kebutuhan fungsional dan kebutuhan dekoratif.

Baca Juga : Keramik Meja Dapur

Jangan sampai anda salah pilih keramik tangga, karena tangga termasuk komponen yang memiliki fungsional utama pada hunian bertingkat. Berikut ini beberapa model keramik yang kami rekomendasikan kepada anda.

Keramik Tangga Natural

Bagi anda yang ingin tampil natural tanpa melepas unsur modern, anda dapat memilih keramik tangga dengan motif batu alam pada bagian optrede dan dipadukan dengan pelapis kayu pada bagian antrade. Perpaduan antara batu alam dan kayu akan mampu mempertegas lagi, nuansa natural alam pada tangga rumah anda, sekaligus interior anda secara keseluruhan.

Keramik Tangga Natural Sandstone

Menggunakan keramik motif batu sandstone pada optrede yang dipadukan penggunaan kayu pada antrade menghasilkan perpaduan yang sempurna.

Tone warna yang dimiliki keramik dan kayu sangat serasi yang mejadikan nuansa natural terasa begitu kuat.

Jika anda ingin memiliki tangga bernuansa natural dengan warna tanah yang kuat, perpaduan kayu dan motif batu snadstone bisa anda pilih.

Keramik Tangga Natural Batu Marmer

Kayu memang memiliki aksen natural yang kuat, hal itu menjadi alasan utama mengapa untuk menghasilkan tangga bernuansa natural yang kuat, elemen kayu harus terlibat.

Memadukan keramik tangga motif marmer putih dengan antrade dilapisi parket kayu, menghasilkan aksen natural yang kental.

Perpaduan antara warna putih yang berarti warna metal, dengan warna tanah yang diwakili oleh elemen kayu mampu membuat tangga terlihat natural dan modern.

Keramik Tangga Natural Batu Fosil

Selain memangfaatkan warna dari batu sandstone untuk dipadukan dengan warna elemen kayu, keramik tangga motif batu fosil juga bisa menjadi pilihan tepat.

Perapduan elemen kayu dengan keramik motif batu fosil akan membuat aksen natural klasik yang kuat. Anda yang menginginkan sentuhan klasik namun natural pada tangga rumah anda, ide ini bisa anda coba.

Keramik Tangga Motif Batu Alam

Batu alam memiliki ciri khasnya sendiri yang mampu menyulap tangga rumah anda menjadi berkesan mewah. Namun batu alam dengan ukuran tangga yang lebar, tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Solusinya, anda bisa menggunakan keramik motif batu alam karena lebih ekonomis, dan plihan ukurannya juga beragam. Kelebihan lainnya dari keramik motif batu alam tentu kemudahan dalam perawatannya.

Keramik Tangga Natural Batu Granit

Batu alam merupakan material pelapis yang cocok untuk diaplikasikan untuk dinding dan lantai. Batu alam merupakan salah satu jenis pelapis yang cocok untuk banyak konsep dekorasi.

Batu candi yang memiliki karakter gelap, sangat cocok untuk anda yang ingin memiliki tangga dengan aksen modern yang kuat. Jika menginginkan yang mudah dibersihkan, anda bisa memilih keramik motif batu candi.

Keramik motif batu candi dapat dipadukan dengan aksesoris railing tangga yang terbuat dari kayu yang juga memiliki warna tanah yang kuat, sehingga konsep natural modern semakin kental dirasakan.

Keramik Tangga Motif Batu Granit

Memadukan keramik motif granit cerah dengan warna – warna metal bisa menjadi solusi terbaik untuk tampil lebih modern.

Pada gambar di atas, keramik tangga granit berwarna krem dipadukan dengan railing berbahan metal menjadikan tangga dengan konsep modern yang kuat.

Perpaduan keduanya bisa menjadi contoh bagi anda yang memiliki rumah dengan konsep modern dan insustrial.

Keramik Tangga Motif Batu Andesit

Batu andesit bakar yang memiliki warna abu – abu cerah bisa menjadi pilihan selanjutnya jika anda ingin mengaplikasikan konsep natural modern yang kuat.

Memang menemukan keramik tangga motif batu andesit bukan perkara mudah. Solusinya anda dapat menggunakan batu alam andesit kemudian di poles dan diberi lapisan resin epoxy.

Baca Juga : Harga Keramik

Berkat sentuhan epoxy resin, permukaan batu andesit akan terlihat mengkilap, kesan natural yang mewah akan semakin terasa.

Keramik Tangga Motif Kayu

Keramik motif kayu tidak hanya dapat diaplikasikan sebagai keramik lantai yang mampu menyulap lantai menjadi berkesan hangat. Namun ketika diaplikasikan sebagai keramik tangga, keramik dengan motif kayu juga mampu mempertegas kesan modern natural pada hunian anda. Untuk hasil yang lebih memuaskan dan kuat bisa dipadukan dengan railing tangga dari material metal.

Keramik Tangga Motif Kayu Gelap

Bila anda menginginkan ruangan yang terkesan hangat, keramik tangga dengan motif kayu bisa menjadi pilihan terbaik.

Motif kayu sangat dapat beradaptasi dengan warna cerah maupun gelap, ini keuntungan tersendiri.

Sehingga apapun konsep bangunan dan dekorasi ruangan anda, memoles antrade tangga dengan keramik tangga motif kayu bisa menjadi pilihan terbaik.

Keramik Tangga Motif Kayu

Keramik Tangga Etnik

Jika anda ingin membuat dekorasi hunian dengan konsep klasik yang kuat, anda dapat menggunakan keramik yang memiliki aksen etnik dan klasik yang kuat. Keramik dengan aksen klasik yang kuat bukan selalu keramik dengan motif etnik, seperti keramik talavera, keramik maroko dan sejenisnya. Anda juga dapat mengaplikasikan keramik porselen, keramik terakota dan keramik tegel polos.

Keramik Tangga Etnik Talavera

Konsep dekorasi etnik dan vintage kini semakin digemari kembali. Selain memperkuat aksen kesederhanaan, namun juga mampu memperkuat sentuhan estitika ruangan anda.

Memadukan keramik talavera dengan keramik tangga porselen bisa menjadi pilihan anda yang ingin memiliki tangga dengan aksen etnik yang kental.

Keramik Tangga Etnik Terakota

Selain keramik talavera, keramik terakota juga bisa menjadi pilihan yang tak kalah kuat nilai estetika tradisionalnya.

Warna tanah yang kuat pada keramik tangga terakota pada tangga, akan mampu membuat ruangan rumah anda tetap dingin dan memiliki sentuhan etnik yang kental.

Keramik Tangga Monokrom Hitam Putih

Konsep monokrom dapat diaplikasikan dalam berbagai konsep dekorasi hunian. Tangga dengan konsep monokrom hitam dan putih, dapat diaplikan untuk konsep dekorasi modern, industrial, kontemporer, dan lain sebagainya.

Kenapa kami sebut monokrom hitam putih, karena sejatinya monokrom adalah ungkapan terhadap sekelompok warna yang memiliki tone warna yang sama. Tangga monokrom hitam putih sangat cocok dipadukan dengan warna – warna tanah dan warna metal.

Keramik Tangga Monokrom Geometri

Perpaduan warna monokrom bisa menjadi opsi lain yang dapat membuat rumah anda berkesan modern.

Monokrom bukan hanya berarti perpaduan warna hitam dan putih. Monokrom secara umum adalah perpaduan dua warna atau lebih yang masih dalam tone warna yang sama.

Keramik Tangga Monokrom Granit

Ada cukup banyak material pelapis yang dapat digunakan untuk membangun kesan monokrom yang kuat. Seperti memadukan keramik tangga granit hitam dengan keramik granit putih mutiara bisa menjadi pilihan.

Memadukan keduanya akan menghasilkan tangga rumah yang memiliki kesan mewah yang kuat.

Keramik Tangga Monokrom Segitiga

Agar kesan kreatif juga terlihat kuat, anda juga dapat menggunakan keramik tangga dengan warna monokrom yang memiliki bentuk geometris. Keramik berbentuk geometri seperti bentuk, segitiga, dan heksagonal misalnya.

Keramik Tangga Mozaik

Mozaik merupakan salah satu jenis motif bernuansa klasik yang tidak lekang oleh waktu. Mozaik dapat dibentuk dalam berbagai bentuk motif dari geometris, floral, hingga bastrak. Pemilihan jenis motif mozaik dapat anda tentukan berdasarkan kesesuaian terhadap dekorasi hunian anda secara umum. Motif mozaik dapat diaplikasikan pada tangga indoor maupun tangga outdoor.

Keramik Tangga Mozaik Geometri

Keramik mozaik motif geometris mampu memberikan sentuhan unik pada konsep ruangan minimalis modern.

Jika diaplikasikan pada keramik tangga, keramik mozaik ini akan mempu memberikan warna tersendiri.

Pada gambar di atas, keramik tangga mozaik geometri terlihat sangat seirama setelah berpadu dengan lantai parket kayu.

Keramik Tangga Mozaik Lukisan

Keramik tangga mozaik pada mulanya memang dibuat dari bahan sisa – sisa keramik atau pecahan keramik, kemudian diaplikasikan dengan bentuk – bentuk kreatif yang bernaka ragam.

Memadukan pecahan – pecahan keramik hingga membentuk lukisan landscape bisa menjadi pilihan yang akan membuat sentuha estetika yang kuat. Selain menghasilkan nilai seni yang tinggi di sisi lain.

Keramik Tangga Vintage

Untuk membangun kesan vintage dalam hunian, salah satu komponen yang bisa anda maksimalkan perannya adalah tangga rumah dan material pelapisnya. Keramik dengan motif etnik seperti keramik talavera dan keramik maroko bisa menjadi pilihan. Selain kedua jenis keramik tersebut anda juga dapat mengaplikasikan keramik teraso yang memiliki aksen klasik yang kuat. Anda juga dapat memadukan keduanya untuk pelapis antrade dan optrade tangga.

Keramik Tangga Vintage Talavera Warna

Keramik talavera memang merupakan jenis keramik yang memiliki kesan vintage yang kuat.

Anda dapat memadukan keramik talavera dengan warna yang beragam, agar kesan vintage bisa terasa lebih kental, namun tetap mampu membuat ruangan lebih berwarna.

Pada gambar di atas, perpaduan keramik tangga talavera dengan ragam warna dipadukan dengan parket kayu pada antrade tangga, membuat tangga memiliki kesan vintage yang kuat.

Keramik Tangga Vintage Talavera Biru

Opsi lainnya, anda juga dapat mengaplikasikan keramik tangga talavera yang beragam warna, namun masih memiliki tone warna yang sama.

Perpaduan antara konsep monokrom dan sentuhan vintage yang kuat, akan menghasilkan nilai estetika yang mengesankan bukan.

Keramik Tangga Vintage Teraso

Selain keramik talavera, untuk memunculkan kesan vintage yang kuat anda juga dapat mengaplikasikan keramik teraso.

Keramik tangga dengan bahan teraso akan mampu memunculkan warna vintage tersendiri. Anda dapat mengaplikasikan keramik teraso dengan warna latar utama gelap atau terang.

Keramik Tangga Eklektik

Eklektik merupakan konsep dekorasi hunian dengan memadukan material yang memiliki aksen klasik dan aksen modern yang kuat. Pada objek tangga rumah, anda dapat mengaplikasikan pelapis tangga dengan aksen klasik yang kuat dengan railing tangga yang memiliki aksen modern yang kuat. Dengan perpaduan keduanya, akan menghasilkan konsep eklektik secara keseluruhan.

Keramik Tangga Eklektik Mozaik

Konsep eklektik kini menjadi penawaran terbaik bagi mereka yang ingin memadukan nuansa modern dan tradisional secara bersamaan.

Ini bukan perkara mana yang lebih dominan, karena konsep eklektik menawarkan perpaduan kesinambungan antara aksen moden dan tradisional.

Untuk memunculkan kesan eklektik, anda dapat memadukan keramik mozaik dengan warna metal dan warna kayu.

Mozaik dengan sentuhan vintagenya dan warna metal dengan sentuhan modernnya. Sedangkan warna kayu dapat menjadi penyeimbang yang sempurna.

Keramik Tangga Eklektik Teraso

Selain mozaik dan warna metal, anda juga dapat memunculkan kesan eklektik berkat perpaduan keramik teraso dan aksesoris tangga berbahan metal.

Perpaduan keramik tangga teraso dengan warna latar utama abu – abu, dipadukan dengan aksoris railing tangga berbahan metal mampu memunculkan kesan eklektik yang kuat bukan.

Beberapa ide model keramik di atas, kami harap dapat menjadi inspirasi anda untuk menyempurnakan konsep hunian anda. Tangga yang memiliki aksen yang cantik dan fungsioanal yang baik, tentu akan memiliki nilai tambah tersendiri.