Kupas Harga Cat Kayu & Merk Cat Kayu yang Bagus

Furnitur berabhan kayu, masih menjadi furniture yang paling banyak dipilih oleh masyarakat di Indonesia. Oleh karenanya, kebutuhan akan material finishing seperti cat kayu juga tetap tinggi. Hal ini disebabkan oleh fleksibilitas material kayu yang dapat diproduksi menjadi berabagai konsep furnitur, seperti vintage, shabby chic, scandinavian, klasik, industrialis, hingga modern futuristik juga bisa.

Memilih cat kayu bisa dibilang bukan perkara mudah, karena juga harus mempertimbangkan bahan dasar pembuatannya, tidak hanya tentang varian warna dan daya rekatnya yang tinggi. Menggunakan cat kayu water based kini sudah menjadi primadona baru, karena wawasan masyarakat akan kesehatan dan dampak lingkungan semakin besar.

Cat kayu yang bagus harus ramah lingkungan dan memiliki daya rekat yang tinggi, sehingga mampu tetap menempel pada furnitur kayu dalam jangka waktu hingga puluhan tahun. Cat kayu yang bagus sulit untuk mengelupas, hanya saja warna yang akan menjadi lebih kusam dari tahun ke tahun. Sampai saat ini ada 2 jenis cat yang beredar, yaitu cat waterbased dan cat minyak.

Tips Memilih Cat Kayu

Sebelum memutuskan untuk membeli cat, hendaknya anda mengetahui aspek – aspek yang tertentu yang harus anda jadikan pertimbangan secara matang. Kami memiliki tips memilih cat kayu terbaik yang bisa anda jadikan acuan dalam memilih cat.

  • Pilihlah produk yang diusung oleh brand cat kenamaan, meskipun tergolong mahal. Produk cat dari brand cat ternama hampir pasti memiliki kualitas yang bagus, itulah kenapa produk tersebut semakin dikenal masyarakat.
  • Belilah cat sesuai kebutuhan, jika kebutuhan pengecatan sedikit pilih cat kaleng berukuran kecil agar tidak banyak tersisa. Khususnya cat yang berbahan minyak, karena sekali dibuka cat sisa pemakaian akan mudah mengeras.
  • Selanjutnya teliti bahan dasar pembuatan cat, hindari cat yang berabhan dasar keras dan tidak ramah lingkungan. Jangan sampai anda ingin menjadikan furnitur kayu anda nampak bagus, tapi dampaknya dapat menurunkan kesehatan anda dan lingkungan.

Merk Cat Kayu yang Bagus

Sampai saat ini ada puluhan merk cat kayu yang beredar di pasaran. Saking banyaknya kadang kita kesulitan untuk memilih cat yang bagus dari banyak brand tersebut. Jika anda mengikuti rekomendasi yang kami berikan, berikut beberapa merk cat kayu terbaik yang bisa anda jadikan pilihan.

Cat Biovarnish Gloss Finish

Biovarnish merupakan salah satu merk cat kayu terbaik karena memiliki ragam keunggulan. Jika anda ingin menggunakan cat water based dengan warna natural yang berbahan kayu, bambu hingga rotan, Biovarnish bisa menjadi jawaban yang tepat. Cat Biovarnish dibuat dengan bahan dasar Volatile Organic Compound (VOC) yang sangat rendah racun.

Untuk menggunakan Biovarnish anda hanya cukup mencampur dengan air dan alat bantu pengecatan seperti kuas maupun alat semprot. Selain aman terhadap lingkungan, cat Biovarnish juga memiliki daya rekat yang tinggi dan mampu mengamankan furnitur anda dari serangan rayap dan jamur dalam jangka waktu yang lama. Harga cat kayu Biovarnish berkisar di harga Rp. 70.000 untuk satu kaleng dengan berat 1kg.

Cat Lenkote Platinum Synthetic

Lenkote Platinum Synthetic merupakan jenis cat kayu yang berbahan dasar resin acrylic 100%, sehingga termasuk salah satu cat anti air. Oleh sebab itu, anda membutuhkan cairan thinner enamel atau biasa dikenal dengan thinner A untuk melarutkannya. Jika merujuk pada hasil akhir yang ditawarkan oleh cat ini, anda pasti akan merasa puas dengan hasilnya yang mengkilap.

Cat Lenkote mampu bertahan dalam berbagai jenis cuaca, furnitur anda akan mampu bertahan dari lebatnya air hujan dan panasnya terik matahari. Hal ini bisa terjadi karena Lenkote mampu menutup pori – pori kayu dengan sangat baik. Cat Lenkote hadir dalam 4 pilihan varian warna, dianataranya adalah warna absolute white, old spice, hazelnut dan jet black. Harga cat kayu Lenkote dibanderol di kisaran harga Rp. 190.000 untuk satu kaleng berisi 0.9 liter cat.

Cat Kayu Dulux V-Gloss

Dulux V-Gloss merupakan cat kayu keluaran brand kenamaan Dulux. Cat ini merupakan salah satu cat terbaik yang kami rekomendasikan berkat V Active Formula yang terkandung di dalamnya, yang membuatkan memiliki daya sebar 20% lebih lebar dibanding cat merk lainnya. Dengan begitu, jika anda mengaplikasikan cat Dulux V-Gloss sudah barang tentu akan lebih hemat biaya.

Selain itu, berkat kandungan V Active Formula cat Dulux ini juga mampu menutup pori – pori secara sempurna. Memiliki daya sebar yang lebar, cepat kering dan mampu menutup lapisan pori – pori dengan sempurna, menjadikan cat Dulux V-Gloss sangat layak untuk anda aplikasikan pada furnitur anda. Harga cat kayu Dulux V-Gloss berkisar di harga Rp 50.000 – 55.000 untuk satu kaleng berisi 0.9 liter cat.

Cat Nippon Paint Bodelac 9000

Nippon Paint Bodelac 9000 merupakan cat keluaran Nippon Paint yang berasal dari Jepang. Sebagian besar cat Nippon Paint yang berbasis cat minyak, sebenarnya tidak perlu diencerkan. Namun jika anda ingin mengencerkannya, anda membutuhkan thinner A. Tetapi sebaiknya ikuti aturan yang sudah diberlakukan oleh pabrikan agar hasil benar – benar memuaskan.

Cat Nippon paint Bodelac 9000 diproduksi dari bahan dasar yang tidak mengandung mercury yang berbahaya untuk kesehatan dan lingkungan. Memiliki durabilitas yang tinggi terhadap cuaca ekstrim dan mampu mempertahankan warna yang tidak menguning dalam jangka waktu yang lama, merupakan salah dua dari kelebihan utama cat ini. Harga cat kayu Nippon Paint Bodelac 9000 berkisar di harga Rp 70.000 – 78.000 untuk satu kaleng berisi 0.9 liter cat.

Cat Avian High Gloss

Cat Avian High Gloss Enamel merupakan cat yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai cat kayu dan cat besi. Avian High Gloss dibuat dengan dari bahan dasar yang berkualitas, sehingga dapat digunakan untuk interior dan eksterior, serta tidak mudah retak. Jika anda menginginkan cat dengan hasil akhir yang mengkilap dan kuat untuk semua jenis furnitur anda, Avian High Gloss adalah salah satu jawabannya.

Sayangnya cat Avia High Gloss hanya diproduksi dalam 4 varian warna, yaitu white, carror, chili red, dan natural white. Meskipun begitu, kami tetap merekomendasikan Avian High Gloss sebagai salah satu yang terbaik untuk urusan cat furnitur. Harga cat kayu Avian High Gloss berkisar di harga Rp. 50.000 – 60.000 untuk satu kaleng berisi 0.9 liter cat.

Cat Yoko High Gloss

Yoko High Gloss merupakan salah satu produk cat terbaik yang diproduksi oleh brand Avian, selain Avian dan Lenkote. Yoko High Gloss memiliki kelebihan yang setara dengan Avian High Gloss dari sisi kemampuan menutup pori – pori kayu dengan sempurna. Sehingga furnitur kayu aman dari serangan rayap dan jamur.

Yoko High Gloss memiliki ketahanan terhadap cuaca yang ekstrim, salah satu buktinya adalah masyarakat pesisir yang sering menggunakan cat ini untuk mengecat kapal. Yoko High Gloss diproduksi dengan 5 varian warna, yaitu frost, butter cream, traffic green, pimerose dan blue. Harga cat kayu Yoko High Gloss berkisar diharga Rp. 44.000 – 55.000 untuk satu kaleng berisi 0.9 liter cat.

Cat Kayu GLOVIN

Avian Brands memang dikenal banyak meluncurkan produk cat kayu dengan kualitas mumpuni. GLOVIN menjadi cat pamungkas dari Avian yang kami rekomendasikan, berkat kandungan alkyd, anti merkuri, anti chromate dan pigmen warna pilihan yang ramah lingkungan. Cat GLOVIN bisa menjadi jawaban bagi anda yang ingin menjaga buah hati dari efek samping cat yang menempel pada setiap furnitur.

Sebagai ciri khas produk Avian Brands, cat GLOVIN juga dibekali kemampuan agar mampu menutup pori – pori dengan baik dan cepat mengering. Cat GLOVIN diproduksi dalam 4 varian warna, yaitu elize blue, drum beat, adeline pearl dan sentosa green. Harga cat kayu Glovin berkisar diharga Rp 45.000 – 50.000 untuk satu kaleng berisi 0.9 liter cat.

Cat Glotex Super Synthetic

Glotex Super Synthetic Paint merupakan salah satu produk cat kayu yang diproduksi oleh Pacific Paint. Cat Glotex Super Synthetic memiliki hasil akhir mengkilap dan dikenal cepat kering. Jika anda menginginkan furnitur dengan hasil akhir cat perpaduan banyak warna, cat Glotex bisa menjadi salah satu jawaban tepat.

Sampai saat ini cat Glotex Super Synthetic diproduksi dalam 70 varian warna yang siap menjadikan furnitur anda lebih kaya warna. Cat Glotex tidak mengandung bahan – bahan berbahaya seperti merkuri, timbal dan logam berat sehingga ramah terhadap lingkungan. Harga cat kayu Glotex berkisar diharga Rp. 55.000 – 60.000 untuk satu kaleng berisi 0.9 liter cat.