fbpx

Inspirasi Ragam Warna Keramik Dapur Sesuai Fengshui

verified

Cholifatur Rosidah

Artikel tentang keramik dapur dibuat oleh tim konten ROOMA. Setiap hari, akan ada cerita baru untuk anda.

Dapur merupakan komponen penting dalam sebuah hunian, yang mana juga merupakan salah satu komponen yang paling banyak digunakan dalam sehari-hari. Oleh sebab itu, dapur harus didekorasi sedemikian rupa agar tidak membosankan dan tetap nyaman digunakan. Memaksimalkan elemen keramik dapur bisa menjadi salah satu terobosan membuat dapur tetap maksimal.

Dekorasi ruangan bukanlah hal gampang, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Bagi anda yang menjadikan Feng Shui sebagai patokan dalam tata kelola, mempertimbangkan prinsip – prinsip dalam Feng Shui wajib hukumnya, salah satunya tentang pemilihan warna keramik dapur. Feng Shui memiliki prinsip – prinsip yang mencakup tata letak hingga pemilihan warna.

Keramik Dapur

Jika merujuk kepada Feng Shui, dalam tata kelola, tata letak dan pewarnaan dalam dekorasi tiap ruangan memiliki prinsip tersendiri. Tata kelola kamar mandi, dapur, ruang tamu dan ruang tidur memiliki prinsip sendiri. Namun pada kesempatan kali ini, kami hanya akan fokus untuk mengupas karakter warna berdasarkan prinsip Feng Shui.

Warna Keramik Dapur

Memilih warna keramik dapur tidak boleh dilakukan sembarangan. Selain akan berpengaruh secara estetika, juga dapa berpengaruh terhadap psikologis pengguna dapur pada umumnya. Berikut pilihan warna keramik dapur yang dapat anda sesuai dengan kepribadian anda, sekaligus menggambarkan nilai – nilai kehidupan.

Keramik Warna Merah

Warna merah merupakan warna terkuat dalam prinsip Feng Shui. Merah mewakili elemen api, yang berarti dapat membawa keromantisan, kebahagiaan dan keberuntungan. Namun bagi anda yang sering merasa cemas disarankan untuk menghindari warna ini terdapat pada dapur sebagai salah satu komponen hunian yang menjadi tempat terjadinya banyak interaksi.

Baca Juga : Keramik Tangga

Keramik dapur warna merah dapat menjadi aksen yang sangat menarik, yang mampu membuat ruangan terlihat lebih luas. Usahakan jangan gunakan warna merah dengan tone yang sama. Kombinasikan tone warna merah yang berbeda untuk hasil maksimal.

Keramik Warna Hijau

Warna hijau dalam prinsip Feng Shui yang menyimbolkan energi baru dan kesuburan. Kesimpulannya, warna hijau memiliki arti pembawa keharmonisan, rasa menyenangkan dari alam dan keseimbangan. Keramik dapur warna hijau sangat cocok untuk anda yang mendambakan memasak dengan nuansa alam yang kuat.

Keramik Warna Kuning

Warna kuning dalam prinsip Feng Shui dapat diartikan dengan keceriaan, kehangatan dan kebahagiaan. Warna ini sangat cocok dengan anda yang ingin memiliki dapur yang cerah, cozy dan penuh energi positif.

Keramik Dapur Warna Kuning

Dalam aplikasinya, sebaiknya anda menggunakan keramik dapur warna kuning dengan gradasi tone warna kuning yang berbeda – beda. Hindari menggunakan keramik dengan satu tone warna yang sama. Perpaduan kuning matahri dan kuning redup dapat menghasilkan sentuhan yang penuh keceriaan. Anda juga dapat mengkombinasikan dengan keramik warna kung yang bermotif.

Keramik Warna Oranye

Warna oranye dalam prinsip Feng Shui diasosiasikan dengan warna hubungan sosial, yang mampu menyegarkan suasana hati sesorang, dan tercerahkan saat terjadi masalah. Warna oranye diyakini dapat menciptakan susana agar lebih hidup.

Untuk menggunakan keramik dapur warna oranye sangat cocok untuk anda yang sering merasa cemas, dan mudah terbawa susana saat ada permasalahan. Dengan menggunakan keramik warna oranye dapur anda akan terlihat lebih cerah, dan dapat membantu menyegarkan susasana hati anda.

Keramik Warna Putih

Warna putih dalam prinsip Feng Shui diasosiasikan dengan kepolosan dan kesucian. Warna putih mrupakan warna elemen metal yang mudah melebur jika dipadukan dengan warna lain. Dengan menggunakan keramik warna putih, dapur anda akan terkesan bersih dan membantu anda untuk lebih santai menikmati proses memasak.

Keramik Dapur Warna Puih

Karena rasa santai tersebut, diharapkan akan membantu menjaga rasa nikmat dari masakan yang dihasilkan. Namun konsekuensinya, anda harus lebih banyak meluangkan waktu perawatan agar keramik dapur tidak mudah kotor.

Keramik Warna Biru

Warna biru dalam prinsip Feng Shui dapat diasosiasikan dengan warna langit, lautan dan birunya air. Keramik dapur warna biru pada dapur anda akan membantu menyegarkan susana anda, sehingga anda tidak merasa bosan dan capek saat memasak. Namun jika anda sering merasa stres , gangguan kesemasan yang akut, sebaiknya memilih warna oranye dan kuninh dibanding warna biru.

Keramik Warna Ungu

Warna ungu menurut prinsip Feng Shui sangat cocok diaplikasikan untuk memunculkan aksen megah dalam ruangan. Oleh sebab itu, menggunakan keramik dapur warna ungu untuk kombinasi warna dapur anda bisa menjadi terobosan menarik. Salah satu warna yang sangat cocok dipasukan dengan warna ungu adalah warna putih yang bersifat mudah melebur dengan warna lain.

Keramik Warna Cokelat

Warna cokelat dalam prinsip Feng Shui diasosiasikan dengan kebijaksanaan dan sampainya hal – hal baik. Anda yang ingin menjalani hidup dengan penuh energi positif dan keberuntungan sangat cocok dengan warna ini. Keberadaan keramik warna cokelat pada dapur anda, juga akan membantu anda memasak dengan dipenuhi energi positif.

Baca Juga : Harga Keramik

Warna cokelat sangat cocok dipalikasikan untuk ruangan yang membutuhkan konsentrasi seperti ruang kerja, ruang belajar dan dapur. Karena bagi seorang ibu rumah tangga, memasak membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar kelezatan rasanya terjaga.

Motif Keramik Dapur

Memilih motif keramik bukan perkara mudah. Untuk itu, kami akan memberikan petunjuk secara umum, motif – motif keramik yang ada saat ini, dan mungkin bisa menjadi salah satu motif yang anda inginkan. Motif – motif keramik tersebut adalah :

  • Keramik Motif Batu Alam. Keramik yang memiliki motif ragam corak batu alam, seperti marmer, granit, andesit, limestone, sandstone, dll.
  • Keramik Motif Kayu. Keramik yang memiliki motif ragam corak kayu, seperti kayu mapple, kayu jati, kayu pinus, kayu bekas pakai, dll.
  • Keramik Motif Talavera. Keramik ini terinspirasi dari ubin talavera yang merupakan ubin dari meksiko yang erat kaitannya dengan ruangan bernuansa vintage dan retro.
  • Keramik Motif Geometris. Keramik jenis ini memiliki motif bentuk bentuk geometris, seperti heksagonal, segitiga, pertagonal, lingkaran, belah ketupat, dll.
  • Keramik Motif Mozaik. Keramik jenis ini biasanya merupakan keramik dengan motif bentuk geometris yang berukuran sangat kecil.
  • Keramik Motif Teraso. Keramik yang permukaannya memiliki motif pecahan batu marmer, granit, kaca, andesit, dll.

Aplikasi Keramik Dapur

Guna membantu anda memvisualisasikan motif – motif dan warna – warna keramik yang telah anda pilih, kami memberikan beberapa gambar inspirasi model keramik lantai dan keramik dinding untuk dapur anda.

Dengan adanya contoh gambar tersebut, diharapkan dapat, membantu anda dalam menyamakan persepsi apakah sudah sesuai yang anda dambakan, atau belum. Yuk, simak beberapa model keramik berikut.

Pelapis Dind

Keramik Dinding Dapur

Keramik Dapur Geometris

Keramik dinding geometri merupakan jenis keramik dapur yang memiliki ornamen geometri atau berbentuk geometri.

Ornamen geometri yang dihasilkan dari keramik akan membuat membuat dapaur anda terlihat lebih elegan.

Keramik Dapur Vintage Slate

Keramik vintage cenderung dengan ornamen garis dengan warna – warna kalem. Keramik dapur jenis ini sangat cocok jika dipadukan dengan warna – warna yang hasilkan dari elemen kayu, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Keramik Dapur Talavera Vintage

Talavera adalah suatu bentuk ornamen yang berasal dari Meksiko, dan merupakan salah satu ornamen yang memiliki nuansa vintage yang kental.

Dengan dipadukan dengan elemen kayu, menjadi jawaban sempurna bagi anda yang ingin mendesain dapur dengan konsep vintage.

Keramik Dapur Subway Hitam

Penggunaan keramik subway merupakan jenis keramik yang sering ditemui di dinding subway kereta bawah tanah di Inggris pada kisaran tahun 1980an.

Kini jenis keramik yang memiliki desain bevel pada tiap sisinya kembali menjadi tren. Pada gambar di atas, keramik dapur subway berwarna hitam yang dipadukan dengan kitchen island putih terlihat sangat serasi.

Keramik Dapur Subway Putih

Bagi anda yang tidak menyukai warna gelap, anda dapat memilih keramik subway berwarna putih.

Anda dapat meadukan dengan kitcehn island yang berwarna lebih kontras. Dengan memilih keramik dinding dapur subway berwarna putih, ruang dapur anda akan terlihat lebih luas.

Keramik Dapur Marmer Putih

Bagi anda yang menuntut kesempurnaan, warna putih yang dihasilkan dari keramik dapur marmer seperti pada gambar di atas bisa menjadi pilihan menarik.

Ruangan dapur anda akan terkesan selalu bersih dan luas, dengan keramik dinding dapur motif marmer tersebut.

Keramik Dapur Mozaik Glowing

Menggunakan keramik mozaik implikasinya akan memunculkan dua hal dalam dapur anda, yaitu menjadi lebih elegan atau menjadi lebih modern.

Jika menggunakan keramik mozaik dengan warna – warna kontras dan memiliki lapisan glossy yang tinggi, seperti pada gambar di atas, dapur anda akan terlihat lebih elegan.

Keramik Dapur Mozaik Heksagonal

Dan jika anda mengaplikasikan mozaik berbentuk geometri dengan warna monokromatik seperti pada gambar di atas, dampak terbaiknya ruangan dapur anda akan memiliki sentuhan modern yang kental.

Keramik Dapur Talavera Retro

Menggunakan keramik Talavera menghasilkan dua pilihan konsekuensi menjadikan dapur anda terkesan retro atau vintage.

Jika anda menggunakan talavera dengan warna – warna kontras cerah seperti pada gambar di atas, dapaur anda akan berkesan retro.

Ditambah dengan kombinasi warna hitam pada kitchen island, kesan retro akan semakin kental.

Keramik Dapur Teraso Putih

Ingin tampil retro dengan cara berbeda, bisa anda lakukan dengan menggunakan keramik dengan motif teraso. Jika anda ingin terkesan bersih, gunakan teraso dengan latar berawarna putih seperi pada gambar di atas.

Perpaduan teraso dengan warna putih menjadikan dapur anda lebih terkesan kreatif dengan standar yang tinggi.

Keramik Dapur Teraso Hitam

Dan jika anda ingin tampil lebih berani, anda bisa mengaplikasikan keramik dapur teraso dengan latar gelap. Dengan memilih warna ini kesan retro klasik akan terasa lebih kental.

Keramik Dapur Kuning Emboss

Warna kuning identik dengan karakter orang yang suka berpetualang dan mencoba hal baru.

Jadi bagi anda yang suka mencoba hal baru dan perfeksionis, mengkombinasikan keramik dinding dapur dengan warna kuning dengan kitchen island berwarna putih dari marmer, bisa menjadi pilihan terbaik.

Keramik Lantai Dapur

Keramik Lantai Dapur Teraso

Eklektik adalah kesan yang muncul berkat perpaduan yang seimbang antara material yang berkesan klasik dengan material yang memiliki kesan modern.

Salah satu contohnya adalah perpaduan keramik lantai teraso yang dipadukan dengan furnitur yang bercorak kayu.

Corak kayu dengan warna dasar coklat mampu beradaptasi dengan corak teraso dengan sangat seimbang.

Keramik Lantai Dapur Mozaik

Selain keramik lantai teraso, keramik dengan motif mozaik juga mampu memunculkan kesan eklektik dengan sangat baik.

Pada gambar di atas anda melihat perpaduan antara keramik dapur motif mozaik geometri dengan warna monokromatik beragam motif, dipadukan dengan warna dinding dan furnitur berwarna putih, dan sedikit warna kayu alami mampu memunculkan kesan modern dan klasik yang sama kuat.

Keramik Lantai Dapur Heksagonal

Jika anda ingin menjadikan suasana ruangan agar lebih hidup, menggunakan keramik lantai berbentuk geometri bisa menjadi salah satu pilihan.

Pada gambar di atas, keramik dapur geometri dengan warna dasar abu – abu mampu menghidupkan susana dapur yang didominasi warna putih.

Keramik Lantai Dapur Motif Geometri

Jika anda ingin menggunakan keramik lantai geometri namun tidak menemukan keramik berbentuk geometri, anda bisa menyiasati dengan menggunakan keramik motif geometri.

Keramik Lantai Dapur Motif Kayu

Keramik dapur motif kayu masih menjadi primadona untuk memunculkan kesan hangat dan modern pada sebuah ruangan.

Perpaduan keramik bermotif kayu dengan furnitur dapur berwarna putih, mampu memunculkan kesan modern dan hangat dengan sangat baik.

Keramik Lantai Dapur Sandstone

Memiliki dapur bernuansa alami banyak didambakan oleh masyarakat. Memdukan unsur alami dengan menggunakan keramik lantai dapur motif batu sandstone engan furnitur yang berbahan kayu solid bisa menjadi ide bagus.

Namun ide tersebut tentu saja akan menguras kantong, karena harga furnitur dengan kayu solid terhitung mahal. Jika tetap menginginkannya, anda harus menabung dari sekarang.

Keramik Lantai Dapur Granit

Solusi murah untuk dapat memadukan unsur batu alam dan unsur kayu anda dapat menilisik gambar di atas dengan teliti.

Memadukan keramik lantai dapur motif granit abu-abu dengan furnitur berlapis HPL dengan motif serat kayu bisa menjadi solusi murah, dibanding harus menggunakan furnitur kayu solid.

Keramik Lantai Dapur Monokromatik

Jika anda ingin memiliki dapur yang berkesan simpel, solusi terbaiknya adalah dengan mengekspos warna – warna monokromatik. Warna monokromatik adalah warna-warna yang memiliki dasar tone yang sama, tidak hanya gradasi dari warna hitam, putih dan abu-abu.

Menggunakan keramik lantai dapur berwarna monokrom dan berbentuk geometri mampu memunculkan kesan sederhana namun tetap modern.