30+ Model Keramik Lantai Kamar Mandi & Ruang Lainnya

Keramik lantai kini sudah menjadi kebutuhan utama dalam pembangunan rumah. Keramnik juga sudah mengalami pergeseran fungsi, selain berfungsi sebagai pelapis lantai yang kedap air kini juga berfungsi sebagai elemen dekorasi rumah yang sangat perlu untuk diperhatikan. Agar mendapatkan hasil akhir dekorasi rumah yang sempurna, pemilihan keramik wajib diperhatikan.

Karena kebutuhan dekorasi ruangan dan selera yang semakin berkembang, kini keramik dicetak dalam beragam corak warna, bentuk dan motif. Dan karena kebutuhan fungsi pelapisan yang hampir wajib digunakan di kalangan masyarakat, kini keramik juga semakin mudah didapatkan bahkan di toko bangunan kecil dilingkungan anda sudah dengan mudah dapat ditemukan.

Kemudahan dalam perawatan dan ketahanan warna yang baik, menjadi salah dua kelebihan penggunaan material keramik yang ingin dimiliki oleh siapapun yang memutuskan untuk menggunakan keramik lantai untuk pelapis lantainya. Untuk anda harus selektif dalam memilih keramik yang akan anda aplikasikan untuk ruangan pada rumah anda.

Tips Memilih Keramik

Memilih keramik harus disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan dalam pemakainnya. Pilihan anda akan sangat berpengaruh besar bagi kegiatan anda dalam rumah sehari-hari. Bahkan kesalahan dalam pemilihan keramik dapat membahayakan keluarga anda nantinya. Pada kesempatan kita ini, kami akan berbagi tips memilih keramik lantai yang baik sesuai dengan fungsi dan konsep rumah anda.

  1. Pilih Sesuai dengan KebutuhanPertama yang harus diperhatikan dalam memilih keramik adalah fungsinya. Karena setiap ruangan bisa saja membutuhkan fungsi keramik yang berbeda. Keramik yang dibutuhkan untuk lantai kamar mandi tentu yang berjenis permukaan agak kasar.Permukaan kasar dibutuhkan untuk mengurangi tingkat kelicinan akibat interaksi keramik dengan air.Kebutuhan tersebut berbeda dengan keramik untuk dinding dapur, yang cenderung membutuhkan jenis keramik dengan permukaan yang halus dan licin, agar kotoran sisa masak mudah dibersihkan.
  2. Pilih Ukuran yang SeimbangKeseimbangan adalah kunci, jika ruangan dalam rumah anda tidak begitu besar jangan memilih keramik dengan ukuran lebih dari 60 x 60cm. Hal ini bertujuan agar keramik yang anda pilih tetap seimbang dengan konsep ruangan pada rumah anda.Namun jika ruangan anda luas, hindari memilih keramik dibawah 40 x 40cm, karena jika keramik terlalu kecil, maka akan terlihat terlalu ramai dengan besarnya jumlah keramik.Hal ini juga bisa mengurangi nilai estetika ruang, kecuali jika anda berniat menggunakan corak mozaik, sebaiknya pilih keramik terkecil malah lebih baik.
  3. Pilih Warna yang SeimbangPemilihan keramik lantai juga harus disesuaikan dengan warna keseluruhan yang ada di dalam ruangan. Hindari menggunakan keramik berwarna terang menyala yang terlalu kontras dengan warna keseluruhan yang ada dalam ruangan. Untuk menghindari kebosanan, lebih baik gunakan warna – warna kalem, agar keramik tetap enak dipandang dalam jangka waktu lama.
  4. Pilih Motif sesuai Konsep BangunanSebelum memutuskan untuk membeli keramik, motif keramik harus menjadi pembahasan utama setelah fungsional dan warna dasar keramik. Hindari menggunakan keramik dengan motif pasaran agar anda tidak mudah bosan dengan motifnya, sekaligus agar memberikan sentuhan estetika yang segar. Namun juga harus tetap seimbang dengan warna-warna dalam ruangan, sehingga tetap sejalan dengan konsep dekorasi ruangan anda.
  5. Pilih Keramik yang BergaransiMemilih keramik adalah hal yang krusial dan keramik merupakan material pecah belah yang akan mudah pecah jika salah perlakuan dalam penyimpanan. Oleh sebab itu menjadi harus untuk memilih keramik yang memiliki garansi, meskipun sependek apapun jangka waktu garansi tersebut berlaku. Ini sangat penting, agar anda mendapatkan ganti rugi jika ketika membuka ternyata ada cacat produksi, atau cacat akibat perlakukan penyimpanan di gudang toko bangunan.
  6. Pilih Keramik Sesuai BudgetDalam membeli material apapun anda harus menyesuaikan dengan budget anda. Dalam hal pengadaan keramik, hindari membeli keramik secara mencicil anda harus membeli keseluruhan kebutuhan keramik secara langsung. Karena kita tidak akan tahu, apakah keramik dengan warna dan motif yang kita pilih, nantinya masih ada.Disinilah fungsinya membeli keramik sesuai budget, jangan memaksakan membeli keramik yang dibanderol dengan harga mahal, namun anda membelinya dengan mencicil. Lebih baik sesuaikan dengan budget, namun anda mampu membeli keseluruhan jumlah keramik yang dibutuhkan untuk luasan ruangan pada rumah anda.

Keramik Lantai Kamar Mandi

Keramik Kamar Mandi Ramah Anak

Anak cenderung menyukai hal – hal dengan aksen warna-warni yang dapat menstimulus keinginannya untuk bermain dan meamainkan sesuatu.

Jika anda ingin anak anda semangat jika disuruh mandi, mungkin salah satu caranya dengan menggunakan keramik lantai kamar mandi dan keramik dinding yang warna warni seperti pada gambar di atas.

Keramik Kamar Mandi Vintage

Jika anda menyukai ruangan yang berkesan klasik, menggunakan keramik lantai kamar mandi dengan motif talavera bisa menjadi solusi.

Agar kamar mandi terlihat luas, anda bisa memlih keramik motif talavera berwarna gelap, dan dipadukan dengan dinding yang berwarna putih.

Selain memunculkan nuansa vintage, kamar mandi anda juga terlihat mengesankan dengan basis monokromatik.

Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

Keramik lantai kamar mandi motif batu alam memang tak lekang oleh waktu, masih saja memikat ketika dilihat.

Seperti keramik batu marmer dengan warna dasar putih yang selalu mampu membuat kamar mandi terlihat tetap bersih dan elegan.

Untuk menghasilkan kamar mandi yang berkesan dingin dan alami, keramik lantai kamar mandi dengan motif batu andesit bisa menjadi pilihan.

Keramik motif batu andesit sangat cocok untuk anda yang tidak menyukai kamar mandi yang terlalu cerah. Selain alami juga mampu memunculkan sisi modern kamar mandi.

Keramik Kamar Mandi Motif Kayu

Selain batu alam, keramik lantai kamar mandi bermotif elemen kayu juga mampu memunculkan kesan alami yang kuat.

Jika batu alam akan mampu membuat kamar mandi terlihat tetap dingin dan teduh, keramik dengan motif kayu akan memunculkan kesan hangat pada kamar mandi.

Anda juga dapat memdukan motif kayu dan motif batu alam secara bersama seperti pada gambar di atas, agar kesan alami semakin kuat.

Keramik lantai kamar mandi dengan motif kayu, memiliki warna dasar yang berbeda – beda. Karena motif tersebut dibuat untuk mendekati motif kayu yang sebenarnya senatural mungkin.

Untuk anda yang menyukai warna cerah, anda bisa memilih keramik motif kayu mapple.

Kayu mapple memiliki kesan alami yang kuat, cerah namun memiliki sisi ketegasan tersendiri karena karakter kayu mapple yang keras.

Keramik Kamar Mandi Geometri

Keramik lantai kamar mandi berbentuk geometri merupakan jenis keramik yang mudah diadaptasi untuk banyak konsep dekorasi.

Jika anda ingin memiliki kamar mandi dengan konsep retro klasik, anda bisa memilih keramik geometri dengan warna matte yang beragam.

Namun jika ingin dekorasi modern, anda hanya perlu memilih keramik geometri dengan warna glossy yang beragam. Kombinasi warna cerah yang pas akan mampu memunculkan nuansa retro dan modern yang kuat.

Dengan keramik lantai kamar mandi yang memiliki bentuk atau motif geometri, anda juga dapat memunculkan kesan aklektik.

Kesan eklektik adalah kesan dari hasil keseimbangan kesan modern dan klasik yang berjalan bersamaan.

Untuk menghailkan kesan eklektik, anda memilih perpaduan warna seperti pada gambar di atas.

Keramik Lantai Dapur

Keramik Dapur Eklektik

Eklektik adalah kesan yang muncul berkat perpaduan yang seimbang antara material yang berkesan klasik dengan material yang memiliki kesan modern.

Salah satu contohnya adalah perpaduan keramik lantai teraso yang dipadukan dengan furnitur yang bercorak kayu.

Corak kayu dengan warna dasar coklat mampu beradaptasi dengan corak teraso dengan sangat seimbang.

Selain keramik lantai teraso, keramik dengan motif mozaik juga mampu memunculkan kesan eklektik dengan sangat baik.

Pada gambar di atas anda melihat perpaduan antara keramik lantai motif mozaik geometri dengan warna monokromatik beragam motif, dipadukan dengan warna dinding dan furnitur berwarna putih, dan sedikit warna kayu alami mampu memunculkan kesan modern dan klasik yang sama kuat.

Keramik Dapur Motif Kayu

Keramik lantai dengan motif kayu masih menjadi primadona untuk memunculkan kesan hangat dan modern pada sebuah ruangan.

Perpaduan keramik bermotif kayu dengan furnitur dapur berwarna putih, mampu memunculkan kesan modern dan hangat dengan sangat baik.

Keramik Dapur Monokromatik

Jika anda ingin memiliki dapur yang berkesan simpel, solusi terbaiknya adalah dengan mengekspos warna – warna monokromatik. Warna monokromatik adalah warna-warna yang memiliki dasar tone yang sama, tidak hanya gradasi dari warna hitam, putih dan abu-abu.

Menggunakan keramik lantai dapur berwarna monokrom dan berbentuk geometri mampu memunculkan kesan sederhana namun tetap modern.

Keramik Dapur Geometri

Jika anda ingin menjadikan suasana ruangan agar lebih hidup, menggunakan keramik lantai berbentuk geometri bisa menjadi salah satu pilihan.

Pada gambar di atas, keramik geometri dengan warna dasar abu – abu mampu menghidupkan susana dapur yang didominasi warna putih.

Jika anda ingin menggunakan keramik lantai geometri namun tidak menemukan keramik berbentuk geometri, anda bisa menyiasati dengan menggunakan keramik motif geometri.

Keramik Dapur Motif Batu Alam

Memiliki dapur bernuansa alami banyak didambakan oleh masyarakat. Memdukan unsur alami dengan menggunakan keramik lantai dapur motif batu sandstone engan furnitur yang berbahan kayu solid bisa menjadi ide bagus.

Namun ide tersebut tentu saja akan menguras kantong, karena harga furnitur dengan kayu solid terhitung mahal. Jika tetap menginginkannya, anda harus menabung dari sekarang.

Solusi murah untuk dapat memadukan unsur batu alam dan unsur kayu anda dapat menilisik gambar di atas dengan teliti.

Memadukan keramik lantai dapur motif granit abu-abu dengan furnitur berlapis HPL dengan motif serat kayu bisa menjadi solusi murah, dibanding harus menggunakan furnitur kayu solid.

Keramik Lantai Kamar Tidur

Keramik Kamar Tidur Vintage

Dekorasi vintage dalam kamar tidur akan membuat kamar tidur anda terasa lebih hangat.

Anda dapat menggunakan keramik lantai teraso untuk menambah kesan vintage dalam kamar tidur anda.

Keramik teraso dengan warna dasar abu-abu dipadukan dengan dinding berwarna putih, mampu memunculkan kesan vintage yang kental.

Apakah anda sudah mengenal terakota ? terakota adalah sebutan lain material untuk pelapis dinding dan lantai yang memiliki warna bata tanah liat yang telah dibakar, merah kecokelatan.

Menggunakan keramik lantai motif terakota yang dipadukan dengan dinding yang dilapisi keramik motif talavera menghasilkan kesan vintage yang mampu mencuri perhatian siapapun yang menggunakan kamar tersebut.

Jika anda menginginkan warna – warna cerah namun tetap ingin memiliki kamar tidur dengan konsep vintage, jawabannya ada pada gambar di atas.

Memilih keramik lantai motif talavera dengan warna – warna cerah yang beragam adalah langkah terbaik, membuat lantai kamar anda tetap berwarna namun tetap memiliki kesan klasik tersendiri.

Keramik Kamar Tidur Motif Kayu

Menggunakan keramik lantai kamar tidur dengan motif kayu masih menjadi solusi terbak untuk menghadirkan kamar tidur yang hangat dan bernuansa alami.

Untuk hasil terbaik, anda dapat memadukan dengan dinding berwarna monokrom, seperti putih dan abu-abu.

Keramik Kamar Tidur Motif Batu Alam

Keramik lantai dengan motif marmer masih menjadi pilihan terbaik, jika anda ingin memiliki kamar tidur dengan kesan mewah dan elegan yang kuat.

Selain motif batu marmer, keramik motif batu granit juga bisa menjadi pilihan untuk dekorasi kamar tidur agar berkesan mewah dan elegan.

Jika batu marmer dapat memunculkan kesan mewah, keramik lantai motif batu andesit lebih kepada membuat kamar tidur anda menyatu dengan alam.

Keramik motif batu andesit dapat anda aplikasikan untuk berbagai jenis konsep dekorasi. Untuk hasil terbaik, anda dapat memadukan dengan dinding yang berwarna monokrom, seperti putih dan abu-abu.

Keramik Kamar Tidur Geometri

Keramik lantai dengan motif geometri dapat diaplikasikan pada banyak konsep dekorasi kamar tidur. Salah satunya adalah dekorasi berkonsep klasik.

Perpaduan warna mrah hati dan abu-abu pada keramik motif geometri di atas, benar – benar mampu menghidupkan susana klasik dengan sangat baik.

Perpaduan keramik lantai berbentuk geometri heksagonal, dengan motif urat kayu melingkar yang dipadukan dengan furnitur kayu solid mampu membuat suasana kamar tidur menjadi lebih hangat.

Hasil akhirnya, kamar memiliki sentuhan alami eklektik yang kuat berkat perpaduan tersebut.

Keramik Lantai Ruang Tamu

Keramik Ruang Tamu Motif Kayu

Menghadirkan keramik lantai motif kayu untuk ruang tamu, masih menjadi pilihan utama agar ruang tamu dapat menyapu tamu dengan kesan hangat.

Motif kayu pada keramik lantai akan mampu menghipnotis tamu agar betah berlama – lama di rumah anda.

Keramik Ruang Tamu Monokromatik

Jika anda termasuk orang yang sederhana namun memiliki idealisme yang kuat, mengaplikasikan keramik motif dengan warna dasar monokromatik, khususnya perpaduan hitam dan putih akan sangat cocok dengan pribadi anda.

Pemilihan keramik lantai seperti ini, akan mampu bercerita tentang kepribadian anda kepada para tamu sedari pertama mereka memasuki ruang tamu.

Keramik Ruang Tamu Motif Batu Alam

Jika anda ingin menyuguhkan sesuatu yang mewah kepada para tamu anda, memilih keramik lantai motif batu marmer dengan warna dasar putih menjadi pilihan yang tepat.

Apalagi jika ruang tamu anda tidak begitu luas, pemilihan keramik batu marmer putih juga akan mampu membuat ruang tamu anda terkesan lebih luas dan mewah tentunya.

Bila anda ingin menghadirkan kesan alami dan modern secara bersamaan untuk para tamu anda, memilih keramik lantai dengan motif batu alam andesit bisa menjadi pilihan tepat.

Memadukan keramik motif batu andesit dengan furnitur berwarna hijau, akan membuat tamu anda betah seperti mengunjungi pegunungan yang megah dengan batu alam dan rerumputan hijaunya.