Lengkap! Cara Plamir Tembok Terbaik & Harga Plamir Tembok

Anda sedang membangun rumah? Rumah anda sedang dalam renovasi? Membangun rumah adalah kewajiban setiap kepala rumah tangga sebagai kewajiban terhadap anggota keluarga. Memang terdapat banyak tahapan yang harus dilalui, tetapi anda tidak bisa melewatkan tahapan plamir tembok. Mungkin banyak orang yang meremehkan langkah tersebut, tetapi sebenarnya langkah tersebut cukup penting.

Aspek keindahan rumah adalah aspek yang perlu anda perhatikan. Di dalam bahasa pembangunan, memperindah bangunan sering dikenal dengan nama finishing. Terdapat banyak pilihan yang bisa anda pilih untuk melakukan finishing rumah, yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Seperti misalnya dengan memilih warna tembok, wallpaper tembok dan lain-lain.

Seperti yang diketahui bahwa terdapat banyak langkah untuk melakukan finishing, salah satu langkah awalnya adalah dengan melakukan plamir pada tembok. Secara definisi, melakukan plamir dapat dikatakan kegiatan untuk memperhalus tembok agar dapat dilakukan langkah finishing selanjutnya yang lebih sempurna. Sebaiknya anda melakukan langkah ini agar rumah yang anda tempati menjadi enak dipandang.

Cara Plamir Tembok

Jikalau anda belum memiliki pengalaman sebelumnya, anda tidak perlu khawatir karena melakukan plamir tidak sesulit yang anda bayangkan. Berikut adalah langkah yang benar untuk melakukan plamir pada tembok.

Membersihkan Dinding

Langkah pertama sebelum proses plamir dilakukan adalah membersihkan dinding dari debu yang menempel dengan menggunakan spons gosok dan menggunakan cape atau kapi untuk kotoran membandel yang bertekstur tebal. Proses ini perlu dilakukan agar nanti adonan plamir dapat menempel dengan sempurna dan menghasilkan permukaan yang rata.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Proses selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan bahan. Untuk peralatan yang harus anda persiapkan seperti cape ukuran kecil dan besar, bor listrik dan kuas. Bor listrik dimanfaatkan untuk membuat adukan adonan plamir agar lebih tercampur rata.

Sedangkan untuk bahan pembuatan plamir tembok anda dapat menggunakan bahan perpaduan antara semen putih, kalsium, lem kayu dan air. Bahan – bahan tersebut dipadukan dan diaduk menggunakan mesin bor dengan mata bor mixer untuk menghasilkan adonan yang lembut dan merata.

Pengaplikasian Plamir Tembok

Proses pengaplikasian plamir tembok bisa anda mulai dengan menuankan adonan plamir yang telah anda buat pada wadah kecil. Kemudian ambil cape besar untuk mengambil adonan plamir dari wadah kemudian oleskan pada dinding.

Ambil secukupnya, jangan terlalu banyak dan tidak mengapa jika mengambil terlalu sedikit. Karena resiko tumpah akan lebih besar jika anda mengambil adonan terlalu banyak menggunakan cape. Oleskan secara merata, hingga seluruh pori – pori dinding tertutup sempura.

Pengeringan Plamir Tembok

Setelah proses pengaplikasian selesai dilakukan, tunggu hingga plamir mengering. Proses ini bisa memakan waktu 12 s/d 24 jam. Setelah kering anda baru diperbolehkan melakukan penambalan, jika dirasa laisan plamir yang dihasilkan masih kurang tebal. Atau hanya sekedar penambalan karena adanya beberapa bagian yang dilapisi terlalu tipis.

Penyelesaian Akhir Plamir Tembok

Proses terakhir adalah proses penyelesaian akhir. Pada proses ini anda perlu mengecek ulang kondisi lapisan plamir tembok. Jika dirasa ada beberapa bagian lapisan yang terlalu tebal, anda bisa mengamplas bagian dinding tersebut menggunakan kertas gosok agar memiliki ketebalan yang lebih seimbang.

Harga Plamir Tembok

Merk Satuan Harga
Afatex Plamir 20 kg Rp 305.000
Nippon Paint MATEX 20 kg Rp 255.000
Kuda Terbang Wall Putty 25 kg Rp 241.000
Giant Mortar GM-220 20 kg Rp 125.000
Mowilex Alcasmooth 4 kg Rp 95.000
Dulux Wall Filler Interior 3.5 kg Rp 93.000
Afatex Plamir 4.5 kg Rp 82.000
Jaguar 20 kg Rp 72.000
RJ London Wall Putty 5 kg Rp 67.000
Nippon Paint MATEX 4 kg Rp 59.500
Propan Eco Emulsion Plamir 5 kg Rp 56.000
Sapporo Wall Putty 5 kg Rp 47.500
Mowilex Alcasmooth 1 kg Rp 51.000
Giant Mortar GM-220 5 kg Rp 27.000
Jaguar 5 kg Rp 23.500
Nippon Paint MATEX 1 kg Rp 21.000
Sapporo Wall Putty 1 kg Rp 19.500
Kuda Terbang Wall Putty 1 kg Rp 18.000
Propan Eco Emulsion Plamir 1 kg Rp 18.500
WEBER PLAINTS 5 kg Rp 25.000
Catylac Plamur 20 kg Rp 269.000
Mowilex Alcasmooth 3 kg Rp 97.000

Keuntungan Menggunakan Plamir

Melakukan plamir pada tembok tentu dilakukan dengan bahan khusus yang sesuai dengan ilmu pembangunan. Adapun bahan untuk membuat plamir tersebut dapat berbentuk seperti tanah liat yang lentur atau fleksibel. Ciri-ciri lain dari bahan untuk melakukan plamir ini adalah bersifat lengket dan pada umumnya memiliki warna terang sehingga cocok untuk dipasang mengawali finishing pada tembok.

Bagi sebagian orang yang tidak melakukan plamir pada tembok mungkin masih belum mengenal apa saja manfaat atau keuntungan yang didapatkan darinya. Nah, berikut adalah beberapa keuntungannya:

1. Mengoptimalkan Tekstur Tembok

Tekstur cat sebenarnya mengikuti tekstur tembok yang di cat. Nah, apabila anda menggunakan plamir sebelum pengecatan, maka anda bisa memperhalus permukaan tembok terlebih dahulu menggunakan plamir tersebut sebelum mengecat. Dan hasilnya, hasil pengecatan tampak lebih halus dari pada tanpa menggunakan plamir sebelumnya.

2. Mengoptimalkan Warna Cat

Memilih warna cat untuk tembok rumah dapat dilakukan dengan mudah, tetapi mendapatkan hasil warna yang diinginkan tidak mudah. Lakukan plamir terlebih dahulu sebelum mengecat. Warna plamir yang terang akan dapat mengoptimalkan hasil warna cat tembok anda sehingga memiliki kecerahan maupun kontras warna sesuai yang diinginkan sejak awal.

3. Membuat Cat Lebih Awet

Satu lagi keuntungan menggunakan plamir adalah meningkatkan ketahanan cat yang menempel sehingga menjadi lebih tahan lama. Berbeda ketika tidak menggunakan plaimr, sifat bahan pada plamir akan memperkuat lapisan pada cat sehingga membuatnya tahan lama atau awet.

4. Keseragaman Warna Cat

Satu kendala yang sering di alami ketika melakukan pengecatan tembok salah satunya adalah bagaimana membuat warna yang seragam dari ujung depan hingga belakang, kiri maupun kanan. Hal ini sebenarnya bisa anda atasi dengan menggunakan plamir pada tembok. Yaitu, dengan menutupi ketidakseragaman warna dasar menggunakan plamir sehingga warna dasar menjadi seragam, begitupun dengan hasilnya.

Nah, itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengaplikasikan plamir tembok. Karena prosedurnya yang sederhana, Anda bisa lakukan sendiri pekerjaan ini apabila memiliki waktu luang. Namun, anda juga bisa menyewa tukang yang memang sudah ahli sehingga anda tinggal menunggu hasil akhir sampai mendapatkan tekstur dan warna tembok yang enak di pandang.