Inspirasi Model Daun Pintu Minimalis, Kokoh & Menawan

Untuk membangun rumah minimalis yang serasi dari tiap aspek pendukungnya, yang sering terlupa adalah memikirkan elemen pintu. Padahal daun pintu minimalis adalah elemen penting pendukung terciptanya fasad rumah minimalis yang menawan. Meskipun fungsi utama dari pintu adalah untuk faktor kemanan, namun jika dibuat secara asal – asalan dari sisi model akan mereduksi keindahan fasad rumah itu sendiri.

Apa lagi jika pintu anda akan terekspos dari luar, maka menentukan model daun pintu adalah masalah krusial yang harus dipikirkan secara matang. Jika anda masih bingung dalam menjatuhkan pilihan model, maka anda telah mengunjungi laman yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kami akan menyajikan berbagai inspirasi model daun pinu yang dapat anda sesuaikan dengan konsep rumah minimalis anda.

Daun pintu rumah yang seringkali digunakan adalah yang terbuat dari bahan unsur kayu, baik itu daun pintu yang terbuat dari kayu solid ataupun material olahan serat kayu yang telah diproses melalui pabrikasi hingga menjadi papan kayu olahan. Sehingga terciptalah beragam model daun pintu minimalis yang banyak digunakan di setiap rumah.

Model Daun Pintu Minimalis

Daun Pintu Ukir

Jika anda ingin memiliki daun pintu minimalis yang berbeda dengan yang lain, anda dapat mengaplikasikan ukiran pada pintu anda. Namun, bukan sembarang ukiran, ukiran yang menghasilkan bentuk – bentuk geometri lebih kami sarankan. Seperti pada daun pintu ukiran rongga persegi dibawah ini, layak anda jadikan inspirasi.

Mengkombinasikan dua material bahan dasar pembuatan daun pintu juga anda terapkan untuk menghasilkan pintu yang kokoh. Seperti kombinasi kayu solid dengan besi siku yang digunakan sebagai frame pintu. Perpaduan warna natural kayu dan besi berwarna hitam dof, menambah nuansa tegas dan kokoh pada pintu anda. Seperti yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Daun Pintu Kupu Tarung Modern

Daun pintu kupu tarung sering dilirik karena memberikan jaminan ukuran akses jalan masuk rumah yang lebar. Namun, taukah anda bahwa konsep kupu arung bisa diaplikasikan agar terlihat lebih modern. Anda dapat mengaplikasikan engsel koboi untuk dipadukan dengan kedua daun pintu kupu tarung. Hasil perpaduan keduanya akan menghasilkan pintu yang bisa dibuka keluar dan kedalam.

Daun Pintu Geser Kupu Tarung

Solusi lain menghadirkan konsep daun pintu kupu tarung yang lebih modern adalah dengan menggunakan engsel pintu geser. Dengan menggunakan pintu geser, ruangan anda akan terlihat lebih luas. Ditambah lagi dengan memadukan dengan daun pintu kupu tarung, sehingga selain ruangan menjadi lebih luas, akses jalanpun akan menjadi lebih luas. Konsep ini sangat cocok diaplikasikan untuk rumah minimalis anda yang tidak memiliki luasan ruang yang cukup.

Daun Pintu Kayu Sono Keling

Kayu sono keling dikenal memiliki tekstur yang gelap dan eksotis. Menjadikan kayu sono keling menjadi bahan utama pembuatan daun pintu, akan menjadikan pintu anda terlihat kokoh. Kemudian, untuk menghasilkan nuansa yang lebih modern, anda bisa memadukan pintu sono keling dengan handle pintu berbahan stainless yang berukuran panjang dan minim motif. Kombinasi keduanya akan menghasilkan pintu yang terlihat kokoh dan modern seperti pada gambar berikut.

Daun Pintu Polos Frameless

Jika anda mengusung konsep rumah minimalis dengan dominan warna putih, memadukan kusen dan daun pintu polos dengan warna senada putih bisa menjadi pilihan tepat. Perpaduan keduanya dapat menghasilkan konsep pintu Frameless yang memiliki kesan modern yang kuat. Untuk rumah minimalis, memang lebih cocok menggunakan daun pintu yang minim motif seperti dapat anda lihat pada gambar berikut.

Jenis Daun Pintu Minimalis

Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan sebelum anda menentukan model daun pintu yang akan anda gunakan di rumah anda. Berikut hal – hal yang harus anda perhatikan guna mendapatkan daun pintu minimalis yang sesuai dengan keinginan anda.

  • Pilihlah model daun pintu yang sederhana jika rumah hunian anda menganut konsep rumah minimalis. Hindari menggunakan daun pintu dengan banyak ornamen, lebih sedikit ornamen akan jauh lebih baik.
  • Gunakan warna – warna netral, karena warna netral adalah nilai utama dari konsep rumah minimalis. Dengan menggunakan daun pintu dengan warna netral, maka perpaduan warna dari tiap aspek rumah anda akan mudah menyatu.
  • Meski mengusung konsep minimalis, urusan bahan tetap harus menggunakan bahan yang berkualitas. Karena minimalis berkaitan dengan konsep desain dan tata ruang, bukan penggunaan material bahan yang ala kadarnya.
  • Memilih konsep rumah minimalis, berarti anda sudah memutuskan untuk berhemat budget pembangunan. Oleh karenanya, menentukan konsep daun pintu juga harus anda pertimbangkan budget pembuatannya, meskipun anda juga tidak boleh hanya mengejar murah.

Adapun bahan material daun pintu untuk rumah minimalis anda ada 2 (dua), yaitu ada yang berbahan kayu dan juga non kayu.

Daun Pintu Berbahan Kayu

Daun Pintu Kayu Solid

Kayu solid adalah salah satu bahan material daun pintu yang cukup populer. Dimana kayu ini berasal dari kayu alam yang dipotong berdasarkan ukuran sesuai pemesanan. Adapun keunggulan menggunakan kayu solid adalah mudah dibentuk menjadi berbagai macam model daun pintu minimalis, mulai dari yang polos, bermotif hingga  berornamen ukiran.

Berdasarkan harganya memang relatif lebih mahal khususnya kayu yang bertekstur keras dan juga tahan lama layaknya kayu jati. Daun pintu yang terbuat dari kayu solid sendiri biasanya banyak digunakan pada bangunan tradisional, klasik, modern hingga bangunan minimalis.

Karakteristik dari kayu solid ini sendiri cukup berat sehingga Anda perlu mempersiapkan kusen yang kokoh dan engsel-engsel yang tebal supaya bisa memikul beban berat dari daun pintu.

Daun Pintu Kayu Olahan

Kayu olahan merupakan kayu berbahan dasar dari kayu solid yang sebelumnya melalui proses peleburan serbuk atau serat kayu, dimana kemudian nantinya dijadikan sebagai bahan jadi dengan ukuran dan tebal tertentu. Adapun hasilnya biasa dikenal dengan sebutan triplek atau multiplek, teakwood, blockboard ataupun papan MDF.

Perlu Anda ketahui bahwa kayu jenis ini relatif lebih murah dibandingkan kayu solid. Daun pintu dengan bahan material kayu olahan ini memang sangat cocok digunakan untuk bangunan murah meriah ataupun yang bersifat temporari.

Daun Pintu Berbahan Non Kayu

Daun Pintu Plat besi

Penting untuk Anda ketahui bahwa plat besi sendiri juga sering digunakan sebagai daun pintu garasi, daun pintu pagar, daun pintu pabrik atau gudang, hingga daun pintu untuk ruang kedap api.

Daun pintu berbahan plat besi memiliki kekuatan yang cukup tinggi dan tahan terhadap benturan serta api. Perlu Anda ketahui bahwa daun pintu yang terbuat dari plat besi cenderung sangat berat. Biasanya daun pintu dari plat besi ini seringkali digunakan untuk bangunan-bangunan pabrik, gudang, bengkel, dan lain sebagainya.

Daun Pintu Aluminium

Aluminium merupakan salah satu material logam yang paling ringan. Selain itu, aluminium cenderung tidak mudah berkarat, hanya saja aluminium ini mudah terkena proses oksidasi alam karena asam air hujan. Umumnya, daun pintu aluminium banyak digunakan untuk bangunan kantor dan juga bangunan berlantai tipikal. Hal ini dikarenakan bebannya yang sangat ringan.

Tak hanya itu, karakteristiknya yang tidak mudah berkarat jika terkena air membuatnya sangat cocok digunakan untuk pintu kamar mandi. Harganya pun relatif lebih murah dibandingkan kayu solid dan plat besi.

Daun Pintu Kaca

Kaca merupakan material yang bisa ditembus oleh cahaya dan juga penglihatan. Adapun daun pintu kaca sendiri sangat cocok jika digunakan untuk ruangan yang membutuhankan cahaya alami. Daun pintu dari kaca ini cenderung berat dan rentan terhadap getaran dan juga benturan, hal ini karena bahan kaca yang mudah pecah dan retak.

Daun Pintu PVC

Selanjutnya, ada daun pintu PVC (polyvinyl cloride) yang berbahan dasar dari polimerisasi minyak bumi. PVC adalah sejenis plastik. Dimana bahannya cenderung sangat ringan, tahan terhadap panas dan air serta rayap. Daun pintu dari PVC sendiri seringkali digunakan untuk daun pintu pada ruangan atau area yang basah dan mudah terkena air seperti kamar mandi.

Berbagai bahan daun pintu diatas diharapkan bisa menjadi referensi bagi Anda untuk memilih bahan daun pintu yang terbaik. Hal ini tentu bisa membantu Anda membuat pintu-pintu di rumah dengan unsure keindahan dan kekokohan yang sangat baik.