Apa itu Kayu MDF? Yuk, Ulas Harga MDF dan Kelebihannya

Kayu MDF merupakan jenis panel kayu buatan yang disusun dari bahan serpihan sisa kayu yang dipadatkan dengan perekat dan bantuan mesin pemadat. Kayu MDF ini memiliki banyak keuntungan ketika diaplikasikan dibanding jenis material lain dan juga jenis kayu lapis yang di pasaran saat ini.

Untuk mengurangi jumlah anggaran yang dikeluarkan ketika membangun rumah adalah dengan penggunaan kayu lapis. Selain lebih terjangkau, biasa dikenal kayu triplek ini juga mudah ditemukan. Salah satu jenis kayu triplek yang paling mudah diaplikasikan dan hemat biaya adalah Medium Density Fiberboard (MDF).

MDF biasa dijadikan sebagai pengganti partikel board karena memiliki bentuk dengan ketebalan yang lebih beragam. Selain itu jenis kayu lapis Medium Density Fiberboard juga terbukti memiliki ketahanan yang lebih kokoh dibanding jenis lapisan kayu lainnya. Biasa digunakan untuk membuat furniture karena memiliki kriteria dan karakter yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan banyak orang saat ini.

Harga Kayu MDF

Harga MDF dibawah ini berlaku hanya untuk ukuran triplek 122×244 cm, dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga untuk ukuran lainnya bisa berubah sesuai dengan keputusan yang diberikan oleh penjual.

Tebal Harga (Rp)
9mm Rp 100.000
15mm Rp 155.000
18mm Rp 180.000

Kelebihan Kayu MDF

Meski hanya terbuat dari sisa olahan kayu solid, keberadaan kayu MDF juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kayu solid. Berikut beberapa kelebihan kayu MDF, diantaranya :

Permukaan kayu MDF lebih halus

Kelebihan yang pertama dari kayu Medium Density Fiberboard adalah memiliki permukaan yang lebih. Sehingga dari kelebihan yang pertama saja anda bisa menebak bahwa kayu lapis ini terbukti aman dibanding jenis triplek lainnya. Tidak masalah jika anda hanya ingin memasang pada bagian rumah tanpa menambahkan apapun. Namun alangkah baiknya jika lapisan tambahan seperti cat atau lainnya.

Hal ini bertujuan untuk membuat kayu lapis Medium Density Fiberboard bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu dengan penambahan cat dan aksesoris lain juga bisa membuat tampilan kayu lapis ini lebih menarik dan indah dilihat.

Daya serap suara yang baik

Di bagian kedua kelebihannya adalah memiliki daya serap untuk suara yang tinggi. Sehingga anda bisa memanfaatkan kelebihannya ini untuk sebagai sekat dalam bangunan rumah anda. Tidak hanya itu, pemanfaatan dari kayu lapis jenis Medium Density Fiberboard ini juga bisa digunakan untuk membuat studio pribadi dalam rumah jika budget anda tidak cukup untuk membuat dinding tambahan rumah.

Tidak masalah juga jika anda menggunakan kayu lapis Medium Density Fiberboard ini untuk menutupi bagian rumah dengan ukuran yang besar untuk keperluan tertentu, seperti menutup lubang atau pembatas dengan lingkungan luar contohnya.

Kayu MDF berbobot ringan

Kayu Medium Density Fiberboard terkenal dengan bobotnya yang lebih ringan. Walaupun tidak seringan partikel board karena memiliki kepadatan yang lebih besar. Tapi setidaknya anda bisa memindahkan benda yang terbuat dari kayu Medium Density Fiberboard dai satu tempat ke tempat lain. tidak masalah jika anda memindahkannya sendiri tanpa bantuan orang lain karena bobot ringan.

Selain itu, penggunaan kayu lapis jenis ini juga akan memudahkan anda untuk mengasah kreativitas untuk membuat peralatan rumah tangga sendiri. Tidak perlu khawatir akan gagal, karena anda bisa melakukan percobaan dengan material yang sama berulang kali.

Kayu MDF lebih fleksibel

Dibanding jenis kayu lapis lainnya, kayu Medium Density Fiberboard lebih fleksibel. Hal ini disebabkan karena memiliki tingkat kelenturan yang hampir menyamai partikel board, namun lebih tebal. Sehingga untuk pemanfaatannya akan lebih banyak dibanding jenis triplek lainnya. Selain itu, anda bisa memilikinya dalam jumlah yang besar karena terkenal dengan harganya yang tidak begitu tinggi.

Saat ini sudah banyak pabrik kayu lapis yang memproduksi kayu lapis jenis ini karena peminatnya sudah banyak. Selain itu, penggunaan kayu Medium Density Fiberboard juga sudah diterapkan oleh berbagai kalangan.

Tidak mudah patah

Karena memiliki ketebalan yang beragam, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika ingin membuat peralatan rumah tangga, gunakan kayu Medium Density Fiberboard yang tebal supaya tidak mudah rusak dan kuat menahan aksi yang akan diterimanya. Walaupun mudah di lengkungkan, kayu lapis jenis ini juga tidak mudah retak karena telah menggunakan lem sebelum dimasukkan ke mesin.

Jika anda masih merasa bingung untuk menggunakan bahan apa untuk membuat futniture, kayu MDF lah solusinya. Karena selain memiliki ukuran dan ketebalan yang beragam, kayu lapis jenis ini juga pas di kantong untuk masalah harga. Untuk mengurangi kerugian yang didapat dari menggunakan kayu lapis jenis ini, anda bisa menaruh di bagian rumah rumah untuk sementara sebelum menggunakannya.