Daftar Harga Cat Tembok & Cara Memadukan Warna Cat

Dinding merupakan komponen krusial dari sisi sudut pandang konstruksi. Namun dari kacamata dekorasi, dinding tidak dapat berdiri sendiri. Dinding harus ditopang peranan warna utuk menghasilkan dekorasi yang dapat dikatakan “mewah”. Salah satu caranya dengan melapisi cat tembok pada permukaannya. Kualitas cat dinding bisa jadi selaras dengan banderol harga cat tembok.

Namun untuk menghasilkan aksen dekorasi yang menawan diperlukan kemampuan memadukan warna cat tembok yang baik. Oleh sebab itu, wawasan mengenai pemilihan merk cat yang berkualitas, langkah memilih warna cat dan memadukan warna cat yang telah menjadi pilihan wajib ditingkatkan. Setidaknya anda sebagai pemilik rumah, mengetahui ragam jenis cat yang cocok diaplikasikan untuk dinding, meskipun dalam aplikasinya tetap dikerjakan oleh tukang.

Ada banyak merk cat tembok yang bertebaran di pasaran saat ini. Mulai dari cat tembok dari pabrikan dalam negeri hingga produk import. Anda pasti bingung jika harus memilih mana cat tembok terbaik yang cocok diaplikasikan untuk rumah anda. Oleh karenanya, kami akan memberikan penjelasan tentang cat tembok dari hulu ke hilir dan memastikan informasi tersebut dapat anda tangkap dengan baik.

Harga Cat Tembok Luar Negri

Desain rumah yang bagus tidak akan cukup berarti jika tidak didukung dengan lapisan cat yang baik dari sisi ketahanan warna dan efek samping terhadap lingkungan. Harga cat tembok dengan kualitas warna terbaik dan tidak berdampak negatif terhadap lingkungan, mungkin memang akan menguras kantong. Namun umumnya harga cat selaras dengan kualitasnya, semakin mahal harga cat tembok dibekali dengan daya sabar yang lebih baik dan kaya warna.

Kami akan mengulas berbagai merk cat tembok terbaik dari produsen Eropa dan Jepang yang ada saat ini . Ketentuan pemilihan merk – merk tersebut didasari pada kualias material yang terkandung dalam cat dan tingkat keramahan terhadap lingkungan. Penilaian ini bisa jadi subyektif bagi sebagian orang, namun kami berpedoman sesuai dengan komposisi pembuatan cat yang telah dijabarkan pada setiap kemasan kaleng cat.

Cat Tembok Jotun

Jotun merupakan produsen cat yang berasal dari Eropa, tepatnya Norwegia. Cat Jotun dikenal memiliki kelebihan pada ketegasan warna dan daya tahan warna terhaap kondisi cuaca yang ekstrem. Cat tembok Jotun seara umum dibagi menjadi 2 jenis, yaitu (1) cat Jotun interior; (2) cat Jotun eksterior. Berikut review beberapa jenis cat dinding Jotun beserta harga setiap kaleng emasannya.

Cat Jotun Majestic

Terdapat dua jenis cat tembok Jotun Majestic, yaitu (1) Jotun Majestic True Beauty; dan (2) Jotun Majestic Perfect Beauty. Kedua jenis ini secara khusus diaplikasikan untuk interior. Jika anda menginginkan cat interior yang dapat menutup pori – pori dinding secara sempurna dan kaya ragam warna yang tersedia kedua cat ini bisa menjadi solusi.

Jotun Majestic True Beauty memiliki dua jenis karakter hasil akhir, yaitu (1) True Beauty Matt; dan (2) True Beauty Sheen. True Beauty Matt akan menghasilkan lapisan hasil akhir doff, dan True Beauty Sheen menghasilkan lapisan hasil akhir yang mengkilap dan halus. Keuntungan utama ketika menggunakan cat Jotun Majestic jenis ini adalah kemudahan dalam pembersihan. Cat besutan Jotun ini dikenal karena kekayaan akan warnanya.

Jotun Majestic Perfect Beauty & Care merupakan yang cat yang memiliki fungsionalitas mumpuni dalam menutup pori – pori dinding yang berukuran besar, seperti adnya retak rambut pada dinding. Selain pada dinding, cat tembok ini juga dapat diaplikasikan untuk pelapisan plafon. Kelebihan lainnya adalah aroma yang dimunculkan sangat rendah, sehingga akan sangat nyaman digunakan oleh mereka yang memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap bau.

Harga Cat Tembok Jotun Majestic

Merk & Tipe Harga
Jotun True Beauty (2.5 lt) Rp 178.500
Jotun True Beauty (20 lt) Rp 1.475.000
Jotun Perfect Beauty & Care (2.5 lt) Rp 187.500
Jotun Perfect Beauty & Care (20 lt) Rp 1.427.000

Jika anda memiliki anak yang suka mencorat – coret tembok, cat ini bisa menjadi pilihan karena mudah dibersihkan dan memiliki ketahanan warna yang mumpuni. Selain itu, juga menyediakan pilihan warna yang banyak disertai kandungan material anti bakteri dan jamur yang aman untuk lingkungan.

Cat Jotun Essence Easy Clean

Jotun Essence Easy Clean merupakan jenis cat yang dikhususkan untuk interior dinding rumah. Cat besutan Jotun ini secara khusus memiliki kelebihan yang mampu menangani kotoran rumah tangga dengan baik. Sehingga ketika diaplikasikan, kotoran yang menempel akan lebih mudah dihapuskan. Selain itu juga dibekali dengan material yang rendah bau dan mampu mencegah munculnya jamur dengan baik, karena memiliki daya tutup yang tinggi.
Harga Cat Tembok Jotun Essence Easy Wipe
Merk & Tipe Harga
Jotun Essence Easy Clean (2.5 lt) Rp 144.500
Jotun Essence Easy Clean (18 lt) Rp 865.000

Cat Jotun Jotaplast

Jotun Jotaplast merupakan cat primer yang secara khusus untuk menangani ketidak sempurnaan permukaan dinding dan plafon. Cat besutan Jotun ini dibuat dari bahan utama akrilik yan termodifikasi secara khusus, sehingga mampu menjadi pelapis yang kuat dan disertai hasil akhir yang halus. Fungsi utamanya adalah sebagai pengikat cat, agar cat tembok tidak mudah terkelupas. Cat jenis ini sangat cocok dialikasikan pada ruangan yang lembab.

Harga Cat Tembok Jotun Jotaplast

Merk & Tipe Harga
Jotun Jotaplast (3.5 lt) Rp 109.500
Jotun Jotaplast (18 lt) Rp 767.000

Cat Jotun Majestic Primer

Jotun Majestic Primer merupakan cat dasar atau cat primer yang secara khusus dibuat sebagai pengikat cat Jotun Majestic True Beauty & Majestic Perfect Beauty yang telah kita ulas sebelumnya. Cat primer untuk dinding ini 100% terbebas dari zat APEO, Formaldehide dan kandungan besi sehingga lebih aman terhadap lingkungan. Keuntungan lainnya untuk mereka yang sensitivitas terhadap baunya tinggi, karena cat ini hampir tidak berbau.

Harga Cat Tembok Jotun Majestic Primer

Merk & Tipe Harga
Jotun Majestic Primer (2.5 lt) Rp 114.500
Jotun Majestic Primer (20 lt) Rp 1.129.000

Cat Jotun Essence Easy Primer

Jotun Essence Easy Primer merupakan cat tembok primer yang berfungsi sebagai pengikat cat warna agar tidak mudah terkelupas. Kehadiran cat ini memang secara khusus dibuat untuk mendukung cat Jotun Essence Easy Clean. Cat primer ini memiliki ketahanan terhadap alkali yang tinggi dan dapat diaplikasikan untuk interior dan eksterior. Namun perlu diingat untuk hasil sempurna, memang dikhususkan sebagai primer cat Jotun Essence Easy Clean.

Harga Cat Tembok Jotun Essence Easy Primer

Merk & Tipe Harga
Jotun Essence Easy Primer (3.5 lt) Rp 135.500
Jotun Essence Easy Primer (18 lt) Rp 806.000

Cat Jotun Jotashield

Jotun Jotashield Antifade Colour merupakan cat tembok khusus untuk eksterior yang didesain khusus agar warna 2 kali lebih tahan terhadap sinar UV. Sehingga warna tidak mudah kusam dan mampu mencegah munculnya lumut dan jamur. Cat tembok ini mampu menurunkan suhu dari sinar UV yang tinggi, dan memiliki ketahanan yang kuat dari kotoran dan air, serta diformulasikan tanpa bahan kimia yang berbahaya sehingga aman untuk lingkungan.

Jotun Jotashield Antifade Flex merupakan cat tembok untuk eksterior yang memiliki spesialisasi untuk menutup retakan rambut yang muncul pada dinding luar rumah dan mencegah munculnya lumut dan jamur. Cat ini dibekali kemampuan dapat bertahan hingga 6 tahun dengan jaminan anti kusam berkat perlindungan terhadap sinar UV yang dua kali lebih kuat. Selin itu juga mampu mengurangi suhu tinggi yang akan masuk dalam ruangan karena sinar UV.

Jotun Jotashield Colour Extreme merupakan cat tembok untuk eksterior yang mampu menjamin ketahanan warna hingga 12 tahun. Sangat cocok diaplikasikan untuk eksterior rumah yang ada pada wilayah dengan cuaca ekstrem. Cat ini juga diformulasikan agar memiliki ketahanan yang kuat terhadap kotoran dan mampu mengurangi temperatur suhu tinggi akibat sinar UV. Deangan mengaplikasikan cat besutan Jotun ini, dinding anda akan terhindar dari tumbuhnya lumut dan gangga.

Harga Cat Tembok Jotun Jotashield

Merk & Tipe Harga
Jotun Jotashield Antifade (2.5 lt) Rp 264.500
Jotun Jotashield Antifade (20 lt) Rp 2.360.500
Jotun Jotashield Flex (2.5 lt) Rp 305.500
Jotun Jotashield Flex (20 lt) Rp 2.336.500
Jotun Jotashield Colour Extreme (3.5 lt) Rp 349.500
Jotun Jotashield Colour Extreme (20 lt) Rp 2.852.500

Cat Jotun Jotashield Primer

Jotun Jotashield Primer merupakan cat tembok primer yang secara khusus dibuat sebagai cat dasar perekat Jotun Jotashield Antifade dan Jotashield Colour Extrem. Cat primer besutan Jotun ini memiliki daya rekat dua kali lebih kuat dan memiliki ketahanan terhadap alkali, air dan kelembaban yang tinggi. Cat ini juga diformulasikan tanpa menggunakan bahan kimia yang bebahaya, sehingga mampu meraih sertifikasi Green Product.

Harga Cat Tembok Jotun Jotashield Primer

Merk & Tipe Harga
Jotun Jotashield Primer (2.5 lt) Rp 129.500
Jotun Jotashield Primer (20 lt) Rp 927.000

Cat Jotun WaterGuard

Jotun WaterGuard merupakan cat tembok primer untuk luar ruangan dengan kemampuan khusus melapisi dinding dari penetrasi air. Berkat teknologi Water Lock* Technology cat ini akan memastikan dinding anda aman dari rembesan air, pengelupasan lapisan cat dan pertumbuhan jamur. Kemampuan lainnya dari cat ini juga mampu menutup retak rambut dengan sangat baik, dan mencegah debu menempel pada dinding.

Harga Cat Tembok Jotun WaterGuard

Merk & Tipe Harga
Jotun WaterGuard (3.5 lt) Rp 145.500
Jotun WaterGuard (18 lt) Rp 691.000

Cat Tembok Dulux

Cat Dulux Ambiance

Dulux Ambiance merupakan cat tembok premium besutan Dulux yang diformaulasikan agar memiliki kekayaan warna dan menghasilkan permukaan dinding yang sangat halus. Cat dinding ini merupakan cat berbasis air yang tidak mengandung merkuri dan tidak berbau. Sehingga sangat cocok bagi anda yang memiliki sensitifitas akan bau yang tinggi. Hasil akhir dari cat ini menampilkan warna menyerupai mutiara, harus dan menawan.

Harga Cat Tembok Dulux Ambiance

Merk & Tipe Harga
Dulux Ambiance (2.5 lt) Rp 202.500
Dulux Ambiance (20 lt) Rp 1.497.000

Cat Dulux EasyClean

Dulux EasyClean merupakan cat tembok yang diformulasikan secara khusus agar noda dan kotoran yang menempel mudah diersihkan. Berkat KidProof Technology yang menyertainya, cat dinding ini menjadi ramah anak, bahkan anak – anak menjadi bebas untuk mencorat-coret dinding, karena nantinnya akan mudah dihilangkan. Selain itu cat ini juga tidak berbau dan tidak mengandung merkuri, karena telah memperoleh sertifikasi Singapore Green Label.

Harga Cat Tembok Dulux EasyClean

Merk & Tipe Harga
Dulux EasyClean (2.5 lt) Rp 195.500
Dulux EasyClean (20 lt) Rp1.361.000

Cat Dulux Pentalite

Dulux Pentalite merupakan cat tembok besutan Dulux yang dapat digunakan untuk melapisi dinding dan plafon. Untuk pelapisan plafon dapat menggunakan Dulux Pentalite Ceiling. Cat dinding ini dibekali dengan ProCover Technology yang dapat menambah daya sebar cat yang lebih optimal dan mampu menambah daya tahan warna dua kali lebih lama. Selain itu, hasil akhir yang ditawarkan adalah permukaan dinding yang halus dan tanpa bau.

Harga Cat Tembok Dulux Pentalite

Merk & Tipe Harga
Dulux Pentalite (3.5 lt) Rp 165.500
Dulux Pentalite (20 lt) Rp 1.575.000

Cat Dulux Light & Space

Dulux Light & Space merupakan cat tembok besutan Dulux yang diformulasikan dngan berbasis air dan didukung Lumitec Technology. Lumitec merupakan teknologi modern yang dibekai kemampuan dalam memantulkan cahaya dua kali lebih banyak dibanding produk lainnya. Sehingga, ruangan akan terlihat lebih terang dan lebih lapang. Cat dinding ini sangat cocok diaplikasikan untuk rumah yang berukuran kecil dan suplay cahaya masuk yang tidak terlalu besar.

Harga Cat Tembok Dulux Light & Space

Merk & Tipe Harga
Dulux Light & Space (2.5 lt) Rp 230.500
Dulux Light & Space (20 lt)

Cat Dulux Weathershield

Dulux Weathershield merupakan cat tembok yang dikususkan untuk eksterior dan berbahan dasar air. Cat dinding ini diformulasikan dari 100% bahan utama acrylic yang mampu beradaptasi terhadap dinding yang belum pernah dilapisi cat maupun sudah pernah. Cat ini juga diracik sedemikian rupa agar mampu mencegah menempelnya noda, tumbuhnya lumut dan gangga, serta mampu mengurangi temperatur suhu ruangan akibat sinar UV berlebih.

Harga Cat Tembok Dulux Weathershield

Merk & Tipe Harga
Dulux Weathershield (2.5 lt) Rp 262.500
Dulux Weathershield (20 lt) Rp 1.871.000

Cat Dulux AquaShield

Dulux AquaShield merupakan cat tembok yang memiliki spesialisasi dalam menahan munculnya rembesan air pada dinding. Hal ini dapat dilakukan berkat ketebalan pelapisan yang ditawarkan oleh cat dinding besutan Dulux ini dibanding cat jenis lainnya. Selain itu, kandungan material anti alkali dan anti lumut dan gangga yang diformulasikan didalam cat ini juga dua kali lebih baik dibanding jenis cat eksterior Dulux yang lain.

Harga Cat Tembok Dulux AquaShield

Merk & Tipe Harga
Dulux AquaShield (2.5 lt) Rp 189.500
Dulux AquaShield (20 lt) Rp 1.025.000

Cat Tembok Nippon Paint

Cat Nippon Paint Spot-less

Nippon Paint Spot-less merupakan cat tembok yang diformulasikan dari material anti-noda dan anti-kuman yang kuman, sehingga jika tedapat noda yang menempel dapat dengan mudah dibersihkan. Material anti-kuman yang ada didalamnya juga mampu menetralisisr beragam type kuman, khususnya kuman – kuman yang mudah menyerang anak – anak. Sehingga cat dinding ini cocok sekali diaplikasikan dalam ruangan yang menjadi tempat berinteraksi anak-anak.

Harga Cat Tembok Nippon Paint Spot-less

Merk & Tipe Harga
Nippon Paint Spot-less (2.5 lt) Rp 263.500
Nippon Paint Spot-less (20 lt) Rp 2.043.000

Cat Nippon Paint Flaw-less

Nippon Paint Flaw-less merupakan cat tembok yang diformulasikan dengan basis utama 100% acrylic yang dikhususkan untuk melapisi dinding interior. Cat dinding ini juga racik dengan rendah timbal, merkuri dan formaldehide, sehingga ama terhadap lingkungan. Selain dari sisi teknologi yang digunakan, cat Nippon Paint Flaw-less juga dibekali dengan beragam pilihan warna. Sehingga anda tidak perlu takut tidak menemukan warna yang anda inginkan.

Harga Cat Tembok Nippon Paint Flaw-less

Merk & Tipe Harga
Nippon Paint Flaw-less (2.5 lt) Rp 170.500
Nippon Paint Flaw-less (20 lt) Rp 1.620.000

Cat Nippon Paint Weatherbond

Nippon Paint Weatherbond merupakan cat tembok yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pelapisan dinding eksterior. Cat dinding ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kotoran, jamur, gangga dan pengelupasan. Berkat kandungan 100% acrylic yang dimilikinya, cat ini mampu bertahan pada cuaca ekstrem dua kali lebih baik dibanding jenis cat Nippon Paint lainnya. Selain itu, cat ini juga diformulasikan dari bahan kimia yang tidak berbahaya dan aman untuk lingkungan.

Harga Cat Tembok Nippon Paint Weatherbond

Merk & Tipe Harga
Nippon Paint Weatherbond (2.5 lt) Rp 250.500
Nippon Paint Weatherbond (20 lt) Rp 1.750.000

Harga Cat Tembok Lokal

Selain cat tembok dari Eropa dan Jepang yang telah kita ulas sebelumnya, kita akan megulas beberapa cat dinding buatan dalam negeri yang kualitasnya juga sudah diakui oleh dunia. Siapa bilang, jika produk cat lokal tidak ada yang mampu bersaing dengan produk impor tersebut. Yuk kita bahas cat tembok terbaik dari dalam negeri, yang tidak kalah mumpuni dibanding merk cat tembok dari manca negara, kita sebut saja “Cat Mowilex”.

Cat Tembok Mowilex

Cat Mowilex Acrylic Emulsion

Mowilex Acrylic Emulsion merupakan cat tembok yang kaya warna dan menghasilkan tampilan akhir matte yang halus. Berkat permukaannya yang halus cat ini menjadi lebih mudah disebrsihkan. Berkat adanya acrylic juga membuat daya tahan cat menjadi lebih lama dan tidak mudah mengelupas. Mowilex juga menjamin bahwa produknya akan bebas material kmia berbahaya seperti merkuri, timbal dan formaldihade, sehingga lebih aman untuk lingkungan.

Harga Cat Tembok Mowilex Acrylic Emulsion

Merk & Tipe Harga
Mowilex Acrylic Emulsion (2.5 lt) Rp 148.500
Mowilex Acrylic Emulsion (20 lt) Rp 1.048.000

Cat Mowilex Vinyl Silk

Mowilex Vinyl Silk merupakan cat tembok yang diformulasikan dngan kandungan vinyl yang tinggi. Sehingga menghasilkan cat dinding dengan daya tutup dan sebaran yang tinggi, serta mudah dibersihkan. Cat besutan Mowilex ini memberikan hasil akhir semi kilap dengan permukaan yang lembut. Kelebihan lainnya untuk anda yang memiliki seinsitifitas terhadap bau, ana tidak perlu lagi khawatir karena produk ini sangat rendah bau.

Harga Cat Tembok Mowilex Vinyl Silk

Merk & Tipe Harga
Mowilex Vinyl Silk (2.5 lt) Rp 205.500
Mowilex Vinyl Silk (20 lt) Rp 1.475.000

Cat Mowilex Precoat

Mowilex Precoat Undercoat merupakan cat tembok yang memiliki fungsi sebagai cat dasar pengikat cat warna. Cat ini sangat cocok diaplikasikan sebagai pelapis dasar untuk semua jenis cat besutan Mowilex, seperti Mowilex Emulsion dan Mowilex Vinyl Silk. Dengan mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu akan menambah daya rekat cat warna. Cat ini juga telah lulus sertifikasi internasional Green Label Singapore, sehingga dapat dipastikan bahwa cat dasar ini aman untuk lingkungan.

Harga Cat Tembok Mowilex Precoat

Merk & Tipe Harga
Mowilex Precoat (2.5 lt) Rp 110.500
Mowilex Precoat (20 lt) Rp 805.000

Cat Mowilex Weathercoat

Mowilex Weathercoat merupakan cat tembok yang dikhususkan untuk eksterior rumah yang dibekali dengan material yang memiliki ketahanan yang kuat terhadap perubahan cuaca dan paparan sinar UV yang tinggi. Selain itu, cat besutan Mowilex ini juga diformulasikan dengan material anti jamur, lumut dan gangga yang kuat serta tidak mengandung merkuri dan timbal. Sehingga cat ini dijamin aman untuk lingkungan dan anak – anak.

Harga Cat Tembok Mowilex Weathercoat

Merk & Tipe Harga
Mowilex Weathercoat (2.5 lt) Rp 242.500
Mowilex Weathercoat (20 lt) Rp 1.743.000

Cat Mowilex Waterproof

Mowilex Waterproof merupakan cat tembok khusus eksterior yang diformulasikan secara khusus agar mampu beradaptasi dengan iklim ekstrim di Indonesia dan paparan sinar UV yang kuat. Cat besutan Mowilex ini memeiliki kelebihan utama dalam mencegah munculnya rembesan – rembesan air yang disebabkan oleh cacat kondisi dinding. Cat ini memiliki kemampuan dua kali lebih kuat dalam meredakan temperatur panas akibat sinar UV.

Harga Cat Tembok Mowilex Waterproof

Merk & Tipe Harga
Mowilex Waterproof (2.5 lt) Rp 178.500
Mowilex Waterproof (20 lt) Rp 1.092.000

Cara Memilih Warna Cat Tembok

Memilih warna cat tembok bukan perkara yang mudah dilakukan. Jika anda menggunakan jasa arsitektur bangunan, anda tidak perlu risau dalam memilih warna. Kerana para arsitek dapat dipastikan telah memiliki konsep matang yang akan ditawarkan kepada anda. Jika anda mendesain interior ruangan tanpa jasa mereka, mau tidak mau anda sendiri yang harus turun tangan.

Salah satu cara memilih warna cat tembok yang paling mudah diikuti adalah dengan menggunakan porsi cahaya yang masuk dalam ruangan sebagai acuan. Karena cahaya dan warna membutuhkan korelasi dan keseimbangan untuk menghasilkan nuansa ruangan yang membuat anda betah berada di rumah.

Ruang Menghadap Utara

Pada kasus ruangan yang menghadap ke utara, pancaran sinar matahari tidak dapat masuk secara langsung yang berakibat pada suhu ruangan yang akan menjadi lebih dingin dan atmosfer ruangan tampak lebih gelap. Pilihan warna terbaik yang cocok dengan kondisi tersebut adalah warna – warna bernuansa hangat dan cerah, karena akan menjaga kondisi ruangan agar tetap terlihat terang.

Ruang Menghadap Selatan

Ruangan yang menghadap ke selatan akan menghadirkan suhu ruangan yang terasa hangat sepanjag hari, meskipun atmosfer ruangan tampak lebih gelap seperti halnya ketika ruangan menghadap ke utara. Pilihan warna terbaik yang cocok dengan kondisi tersebut adalah warna – warna bernuansa hangat namun memiliki corak sedikit pucat. Pilihan warna natural bisa menjadi prioritas agar atmosfir terasa sejuk di pagi hari dan terasa hangat bila sore tiba.

Tujuannya adalah agar menjaga kondisi ruangan tetap terlihat terang. Hindari memilih warna yang terlalu cerah, karena akan menambah kesan panas dalam ruangan.

Ruang Menghadap Barat

Ruangan yang menghadap ke barat otomatis akan mendapatkan suplai cahaya yang besar pada sore hari. Sehingga suhu ruangan menjadi hangat dan menenangkan, serta atmosfer ruangan menjadi cerah. Pilihan warna terbaik yang cocok dengan kondisi tersebut adalah warna – warna bernuansa sejuk dengan corak natural yang kuat. Pilihan ini bertujuan agar atmosfer tetap hangat di pagi hari, dan tetap sejuk saat sore tiba.

Ruang Menghadap Timur

Pada kasus ruangan yang menghadap ke timur dapat dipastikan akan mendapatkan suplay cahaya yang besar pada pagi hari. Sehingga suhu ruangan cederung akan sejuk dan atmosfer ruangan menjadi cerah. Pilihan warna terbaik yang cocok dengan kondisi tersebut adalah warna – warna bernuansa sejuk namun memiliki corak kontras. Pilihan ini bertujuan untuk menjaga atmosfer sejuk sepanjang hari.

Kelompok warna sejuk berada dibagian atas, dan kelompok warna hangat di bagian bawah. Anda juga dapat mengunakan perpaduan warna secara monokromatik, analog atau komplementer. Warna analog adalah warna yang memiliki cora berlawanan namun memiliki nuansa yang berdekatan. Warna komplementer adalah pemilihan warna yang memiliki perbedaan yang kontras. Warna monokromatik adalah pemilihan dua warna atau lebih yang masih dalam satuan warna yang sama.