Kelebihan Cat Dasar Tembok Yang Wajib Diketahui

Apakah anda termasuk orang yang ingin memiliki rumah dengan dinding yang sempurna? Dinding dengan warna yang sesuai keinginan tentu akan membuat penghuninya merasa betah untuk berlama-lama berada di rumah. Paduan warna setelah aplikasi cat dasar tembok akan menghasilkan warna yang sempurna, sehingga nyaman dan enak di pandang.

Tidak hanya bisa menghasilkan warna yang sesuai dengan yang diinginkan, ada banyak manfaat dan kegunaan lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan cat dasar tersebut. Oleh karena itu, seorang tukang tentu akan merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan cat dasar sebelum memperindah dinding dengan cat warna yang anda inginkan.

Menggunakan cat dasar dapat dilakukan secara langsung setelah lapisan semen selesai dipasang. Lapisan dari semen belum tentu menghasilkan tekstur yang halus, sehingga cat dasar bisa menghaluskan lapisan tersebut karena memiliki zat yang mampu melakukannya. Gunakan warna cat dasar yang cerah untuk menghasilkan lapisan yang dapat dipadukan dengan warna utama.

Kelebihan Cat Dasar Tembok

Setelah cat dasar tembok selesai di aplikasikan, anda bisa mulai mengecat menggunakan warna utama. Untuk pengecatan warna utama, anda bisa melakukannya bersama keluarga tanpa menyewa tukang, karena mengecat bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan ketika dilakukan bersama dengan keluarga di waktu luang.

Ada berbagai kelebihan penggunaan cat dasar tembok yang perlu kita tekankan, agar anda paham betul besarnya manfaat dari pengaplikasian cat dasar.

Perlindungan Ekstra

Kebocoran air, tumbuh jamur hingga rumput merupakan permasalahan dinding rumah yang sering kita lihat. Tetapi, dengan cat dasar pada tembok, maka anda bisa mengatasinya karena mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap ketahanan tembok dari berbagai masalah yang disebutkan di atas.

Mengurangi Dampak Garam Alkali

Tahukah anda bahwa bahan-bahan untuk pembangunan rumah banyak mengandung zat garam alkali? Zat garam alkali merupakan zat yang bisa ditemui pada semen yang digunakan untuk melengkapi unsur dinding rumah anda. Zat tersebut perlu anda siasati karena dapat memengaruhi keindahan tembok setelah di cat.

Warna cat yang pudar, munculnya debu yang membuat lapisan warna cat kurang sempurna adalah contoh kecil dari dampak zat garam alkali tersebut. Sehingga, untuk memperkuat daya tahan cat terhadap zat tersebut, pastikan anda mengaplikasikan terlebih dahulu cat dasar pada dinding sebelum melakukan pengecatan. Langkah ini akan sangat bermanfaat untuk keindahan hasil cat nantinya.

Membuat Cat Lebih Rekat

Pada beberapa kasus, anda mungkin menemui warna dinding yang belang. Hal ini bukan karena desain yang disengaja berwarna belang, akan tetapi yang terjadi adalah cat mengelupas dari dinding. Cat memang memiliki daya rekatnya sendiri, akan tetapi untuk memaksimalkan daya rekat tersebut tentu diperlukan cara khusus yaitu menggunakan cat dasar.

Penggunaan cat dasar pada dinding yang akan di cat dipercaya akan membuat lapisan cat merekat lebih kuat, sehingga anda akan menemui dinding anda dalam keadaan warna yang sempurna karena tidak ada area yang mengelupas. Kalau anda ingin mengganti warna, anda tetap bisa melakukannya karena terdapat bahan lain yang dapat digunakan untuk penggantian warna cat dinding.

Membuat Tembok Lebih Halus

Ada banyak alasan mengapa orang memilih menggunakan cat dasar sebelum melakukan pengecatan warna utama. Salah satunya adalah untuk menghasilkan tembok yang lebih halus. Mengapa demikian? Karena, cat dasar memiliki fungsi ganda, selain memperindah cat utama, juga mampu menutup pori-pori dinding yang tidak mampu ditutup menggunakan semen maupun bahan bangunan lainnya.

Selain kegunaan di atas, secara ringkas dapat disimpulkan bahwa alasan mengapa orang memilih menggunakan cat dasar pada dinding adalah karena dapat membuat dinding menjadi lebih rapi. Dinding memiliki lapisan tekstur yang terbuat dari bahan bangunan yang kurang rapi dari semen hingga pasir. Salah satu cara untuk membuat tekstur tersebut rapi adalah dengan cat dasar tersebut.

Hasil Cat Utama Lebih Sempurna

Semua orang menyukai warna cat yang sempurna seperti yang diinginkan. Cat dasar pada dinding dapat mengabulkan hal tersebut ketika di aplikasikan dengan benar, karena cat dasar memiliki warna yang cerah yang akan menjadikan perpaduan yang sempurna dengan cat utama. Anda bisa menggunakan cat dasar tersebut ketika sudah memiliki gambaran cat utama, sehingga bisa langsung dikerjakan.

Cat Dasar Tembok Terbaik

Berikut beberapa cat dasar tembok yang memiliki kualitas pilih tanding. Dengan mengaplikasikan cat dasar ini, jaminan kerapian dinding, kekuatan rekat dan kesetabilan warna cat bisa anda peroleh.

Semakin baik kualitas cat dasar dinding yang anda aplikasikan, maka beban pekerjaan cat utama untuk melapisi dinding akan semakin ringan. Cat tembok utama hanya fokus pada menampilkan hasil kahir warna yang memukau.

Cat Jotun Majestic Primer

Jotun Majestic Primer merupakan cat dasar atau cat primer yang secara khusus dibuat sebagai pengikat cat Jotun Majestic True Beauty & Majestic Perfect Beauty yang telah kita ulas sebelumnya. Cat primer untuk dinding ini 100% terbebas dari zat APEO, Formaldehide dan kandungan besi sehingga lebih aman terhadap lingkungan. Keuntungan lainnya untuk mereka yang sensitivitas terhadap baunya tinggi, karena cat ini hampir tidak berbau.

Harga Cat Tembok Jotun Majestic Primer

Merk & Tipe Harga
Jotun Majestic Primer (2.5 lt) Rp 114.500
Jotun Majestic Primer (20 lt) Rp 1.129.000

Cat Jotun Essence Easy Primer

Jotun Essence Easy Primer merupakan cat tembok primer yang berfungsi sebagai pengikat cat warna agar tidak mudah terkelupas. Kehadiran cat ini memang secara khusus dibuat untuk mendukung cat Jotun Essence Easy Clean. Cat primer ini memiliki ketahanan terhadap alkali yang tinggi dan dapat diaplikasikan untuk interior dan eksterior. Namun perlu diingat untuk hasil sempurna, memang dikhususkan sebagai primer cat Jotun Essence Easy Clean.

Harga Cat Tembok Jotun Essence Easy Primer

Merk & Tipe Harga
Jotun Essence Easy Primer (3.5 lt) Rp 135.500
Jotun Essence Easy Primer (18 lt) Rp 806.000

Cat Jotun Jotashield Primer

Jotun Jotashield Primer merupakan cat tembok primer yang secara khusus dibuat sebagai cat dasar perekat Jotun Jotashield Antifade dan Jotashield Colour Extrem. Cat primer besutan Jotun ini memiliki daya rekat dua kali lebih kuat dan memiliki ketahanan terhadap alkali, air dan kelembaban yang tinggi. Cat ini juga diformulasikan tanpa menggunakan bahan kimia yang bebahaya, sehingga mampu meraih sertifikasi Green Product.

Harga Cat Tembok Jotun Jotashield Primer

Merk & Tipe Harga
Jotun Jotashield Primer (2.5 lt) Rp 129.500
Jotun Jotashield Primer (20 lt) Rp 927.000

Jotun Jotashield Primer merupakan cat tembok primer yang secara khusus dibuat sebagai cat dasar perekat Jotun Jotashield Antifade dan Jotashield Colour Extrem. Cat primer besutan Jotun ini memiliki daya rekat dua kali lebih kuat dan memiliki ketahanan terhadap alkali, air dan kelembaban yang tinggi. Cat ini juga diformulasikan tanpa menggunakan bahan kimia yang bebahaya, sehingga mampu meraih sertifikasi Green Product.

Harga Cat Tembok Jotun Jotashield Primer

Merk & Tipe Harga
Jotun Jotashield Primer (2.5 lt) Rp 129.500
Jotun Jotashield Primer (20 lt) Rp 927.000