fbpx

Cara Mengecat Tembok Untuk Refresh Suasana Ruangan

verified

Bambang Tri Utomo

Artikel tentang cara mengecat tembok dibuat oleh tim konten ROOMA. Setiap hari, akan ada cerita baru untuk anda.

Rumah selalu menjadi suatu tempat yang nyaman, karena rumah melibatkan perasaan penghuninya. Sedari kecil kita melakukan banyak aktifitas di dalam rumah dengan segala macam suasana hati. Sehingga hal itu akan membuat banyak sekali kenangan bagi siapapun. Untuk menjadikan rumah kita lebih nyaman, perlu kiranya membuat suasana baru dengan cara mengecat tembok rumah.

Sejatinya menghadirkan suasana baru yang bisa membuat kita lebih nyaman di rumah, bukan hanya dengan mengganti warna cat tembok dengan yang lebih segar, namun bisa juga dilakukan dengan berbagai macam hal. Mulai dari menata ruangan, mewarnai tembok rumah, hingga menempatkan beberapa benda pajangan yang unik.

Cara Mengecat Tembok

Nah, salah satu cara yang relatif lebih mudah, efektif dan efisien adalah dengan merubah warna cat dinding suatau ruangan atau keseluruhan interior rumah. Solusi tersebut bisa menjadi salah satu solusi terbaik , karena harga cat tembok bisa dikatakan lebih terjangkau. Tanpa harus menambah budget pengadaan ragam aksesoris pajangan yang sudah pasti menguras dompet bukan.

Cara Mengecat Tembok yang Benar

Untuk lebih menghemat pengeluaran Anda bisa mempelajari cara mengecat tembok secara mandiri. Dengan begitu pengeluaran biaya pemanggilan jasa tukang cat dinding bisa ditiadakan. Anda dijamin akan mendapatkan rasa puas tersendiri setelah mampu menyelesaikan pekerjaan pengecatan dinding.

Dan sebagai bonusnya suasana baru di dalam rumah akan tercapai meskipun dengan budget “murah”. Yuk, kita pelajari langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mewarnai kembali dinding rumah anda agar berganti suasana.

Pahami Karakter Warna

Untuk mewarnai tembok, Anda perlu memahami berbagai macam warna yang akan Anda tuangkan di tembok rumah Anda. Terlebih dahulu, Anda bisa mencari inspirasi warna yang sesuai dengan keinginan Anda dengan memanfaatkan konektifitas internet yang Anda miliki.

Warna Cat Ruang Tamu Navy
Sumber : tecklic.hr

Selanjutnya, cari informasi ke toko bangunan terdekat untuk memastikan warna pilihan anda dengan tersedia pada katalog warna pada produk cat yang disediakan oleh pabrikan cat yang anda ingin gunakan. Sebelumnya kami telah mengulas beberapa warna cat ruang tamu pilihan yang mungkin cocok untuk ruang tamu anda.

Persiapkan Alat dan Bahan

Berikut beberapa alat dan bahan yang harus anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mengecat dinding anda. Usahakan semua alat dapat ada lengkapi, karena kondisi lapangan kadang menuntut ragam alat untuk membuat dinding siap dilapisi cat.

Alat dan Bahan Mengecat Tembok

Alat – alat :

  • Kuas besar dan kecil
  • Roller
  • Spons
  • Kape
  • Kertas Gosok
  • Gayung
  • Ember
  • Koran bekas
  • Tangga

Bahan Material :

  • Air
  • Deterjen
  • Plamir
  • Cat Dasar
  • Cat Dinding

Bersihkan Dinding

Dinding yang akan dicat ulang harus bebas dari debu dan kotoran, karena keberadaan debu akan mengurangi daya rekat cat pada dinding. Gunakan sopons cuci kasar dan deterjen untuk membersihkan dinding yang memiliki noda yang berukuran besar dan noda membandel.

Bagi anda yang ingin berganti warna dengan warna putih, anda harus membersihkan dinding dari wrna cat sebelumnya dengan menggunakan kape dan kertas gosok. Selanjutnya, anda perlu menggunakan plamir tembok untuk menutup ulang pori-pori dinding.

Solusi mudah untuk kasus seperti ini, anda bisa membersihkan cat lama dengan paint remover. Tentu cara ini mudah namun tidak murah. Namun anda akan menghemat waktu, karena tidak perlu melapiskan ulang plamir tembok.

Tutup Retakan Dinding

Jika anda menemukan retakan pada dinding, anda perlu menutupnya menggunakan plamir tembok. Kemudian tunggu hingga kering, dan haluskan bekas tambalan menggunakan kertas gosok hingga halus.

Tembok Retak Rambut - Retak Susut

Jika tembok retak bukan retak rambut, bisa jadi merupakan retakan karena ada gagguan pada struktur bangunan. Untuk memperbaiki retakan pada dinding yang berhubungan dengan struktur bangunan, anda harus mendatangkan tukang bangunan untuk merenovasi struktur dinding rumah anda.

Tutup Bagian yang Tidak Dicat

Selanjutnya anda harus menutup bagian – bagian yang tidak ingin dicat, seperti kusen, pintu, dan jendela. Anda bisa melindungi dengan menggunakan lakban khusus atau sering disebut masking tape, yang tidak kan meninggalkan bekas setelah dikelupas dari dinding.

Sedangkan untuk melindungi furnitur sekitar dinding dan lantai dari percikan cat, Anda bisa memanfaatkan plastik bekas atau koran bekas yang ada di gudang rumah anda untuk menutup permukaannya.

Aplikasikan Cat Dasar

Sebelumnya kita sudah pernah menyinggung pentingnya mengaplikasikan cat dasar tembok untuk dinding, sebelum mengaplikasikan cat dinding. Singkatnya, mengaplikasikan cat dasar akan membuat sebaran cat menjadi lebih sempurna, dan mencegah cat tidak rata yang mungkin sering anda temukan pada dinding ruangan.

Pilih Cat Dinding Water Base

Untuk dinding ruangan sebaiknya anda memilih menggunakan cat tembok waterbased yang kaya kelebihan. Salah satu kelebihannya tentu ramah lingkungan, khususnya untuk anak – anak dan kesehatan pernapasan anggota keluarga anda. Cat dinding waterbased tidak mengandung senyawa – senyawa yang mudah menguap atau terbebas dari kandungan VOC (Volatile Organic Compounds).

Memulai Proses Pengecatan

Untuk memulai proses pengecatan, anda memerlukan roller agar lebih ringan dan tidak menguras tenaga. Namun untuk mengecat sudut – sudut dinding yang cenderung kecil dan sempit, anda membutuhkan kuas agar dapat menjangkaunya.

Cara Mengecat Tembok

Pada setiap 2 meter lebar dinding, tahap pengerjaan harus Anda selesaikan pengecatan hingga merata dari atas hingga bawah. Hal ini perlu menjadi pedoman agar kerataan dan keselarasan warna cat dinding dapat dicapai. Pengecata lapis pertama dan kedua dapat anda berikan jarak 1 s/d 2 jam, agar lapisan pertama sudah cukup kering untuk Anda tutup dengan lapisan berikutnya.

Pengecatan dapat Anda mulai dari sisi kanan atau kiri dinding ruangan, lakukan secara bertahap dan berurutan. Hindari pengecatan yang melompat – melompat, karena akan membuat warna dinding tidak merata.

Gunakan Teknik Zigzag

Teknik mengecat tembok mengunakan roller secara zigzag dari atas ke bawah mampu memberikan kerataan pelapisan cat yang maksimal jika dibandingkan dengan teknik biasa satu arah dari atas ke bawah.

Cara Mengecat Tembok Zigzag

Hal ini dikarenakan pada saat mengaplikasikan teknik pengecatan zigzag, kita tidak menyebabkan munculnya gumpalan cat yang mengalir ke bawah, sehingga menghasilkan tingkat kerataan dan kehalusan yang lebih maksimal.

Tahap Finishing

Setela tahap pengecatan selesai Anda lakukan, selanjutnya merupakan tahap finishing. Pada tahapan ini anda boleh istirahat sejenak sembari menunggu cat mulai sedikit mengering. Jika disara cat sudah cukup mengering, anda harus segera membuka masking tape yang anda tempelkan pada dinding, pintu dan jendela.

Jangan anda tunda sampai keesokan hari untuk mengambil lakban khusus ini, bisa saja cat akan ikut terkelupas bersama lakban tersbut jika kondisi cat sudah terlalu kering.

Membersihkan & Menyimpan Alat

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membersihkan seluruh alat – alat pengecatan. Gunakan air dan deterjen untuk membersihkan sisa – sisa cat pada roller dan kuas atau sisa – sisa plamir pada kape.

Semakin bersih anda membersihkan alat pengecatan, maka akan semakin awet dan masih dapat anda gunakan kembali nantinya saat Anda ingin merubah kembali warna cat dinding Anda.

Cara Menyimpan & Menangani Sisa Cat

Jika cat masih tersisa, pastikan anda menutup kaleng cat dengan rapat dan menyimpannya di ruangan yang sejuk dan jauh dari jangkauan anak – anak. Mungkin akan membutuhkan lemari khusus untuk menyimpan bahan material seperti cat ini, agar lebih aman.

Jika anda menemukan sisa cat yang jauh menggumpal pada lantai atau permukaan furnitur dan sudah terlanjur mengering, anda dapat memanfaat kape untuk membersihkannya.

Namun jika cat anda tumpah dan masih dalam kondisi basah, anda bisa mengambil pasir halus atau tanah debu dan menaburkan pada cairan cat agar dapat segera terserap dan tidak melebar dan menyebabkan munculkan gumpalan kering cat yang sulit dibersihkan.

Itulah beberapa langkah cara mengecat tembok yang benar, untuk menghasilkan keselarasan warna dinding yang maksimal. Semoga apa yang kami sampaikan dapat anda pelajari dan serap informasinya dengan baik dan bisa anda praktekan segera.