Home Tips

Lengkap! Cara Membuat Rak Buku dari Triplek yang Bagus

Buku merupakan gudang ilmu. Maka, tidak seharusnya gudang-gudang ilmu tersebut berserakan dimana-mana dan tidak tersusun rapi. Sebagai pembaca, hendaknya turut membantu merawat dan melestarikan budaya baca agar memperoleh ilmu dan wawasan yang lebih luas. Salah satunya dengan membuat rak buku, ada banyak cara membuat rak buku dari triplek yang bisa jadi pilihan Anda.

Selain sederhana, modal yang dibutuhkan untuk membuat rak buku dari triplek ini pun sangat murah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir apabila memiliki modal yang terbatas. Hal ini dikarenakan Anda hanya membutuhkan beberapa alat sederhana untuk menciptakan sebuah rak buku minimalis. Tak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda pelajari untuk membuat rak buku minimalis.

Lengkap! Cara Membuat Rak Buku dari Triplek yang BagusSebelumnya kita telah membahas berbagai model rak buku minimalis yang mengusung berbagai konsep desain. Untuk menghemat biaya pembuatan, sebenarnya anda dapat membuatnya secara mandiri. Untuk dapat merealisasikannya, simak langkah – langkah membuat rak buku dari triplek berikut.

[the_ad id=”1042″]

Peralatan Membuat Rak Buku

Ada beberapa peralatan yang harus anda persiapkan terlebih dahulu, sebelum membuat rak buku dari triplek, selain material triplek itu sendiri. Adapun peralatan yang akan digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Bora tau Drill
  2. Kikir kayu
  3. Gergaji
  4. Amplas atau Kertas gosok
  5. Meteran
  6. Pensil/pena/spidol
  7. Penggaris siku

Material Untuk Membuat rak Buku

Setelah kebutuhan alat telah tersedia, selanjutnya anda perlu menyiapkan material – material pendukung untuk membuat rak kayu dari triplek. Berikut beberapa material wajib yang harus anda persiapkan.

  • Multiplek, MDF atau Blockboard dengan ketebalan minimal 8 mm.
  • Lem kayu dan dempul kayu.
  • Cat Kayu, jika anda ingin menggunakan hasil akhir yang kaya warna.
  • HPL, jika anda ingin menggunakan hasil akhir laiknya kayu solid.

Cara Membuat Rak Buku

[the_ad id=”1042″]

Persiapan Membuat Rak

  1. Pertama-tama, Anda perlu membuat sebuah kotak penutup rak buku yang terdiri dari 4 sisi. Dimana terdapat sisi samping kanan dan samping kiri, sisi atas dan juga sisi depan.
  2. Anda bisa menggunakan multiplek, MDF, atau bahkan blockboard dengan ketebalan 8 mm pada sisi bagian atas dan bawah, dimana dengan ukuran 50 cm x 19 cm. Ukuran tersebut bersifat fleksibel karena bisa disesuaikan dengan keinginan. Sedangkan, pada bagian sisi samping kanan dan samping kiri, Anda bisa gunakan triplek dengan ketebalan 6 mm berukuran 19 cm x 7,5 cm.

Membuat Sisi Rak

Selanjutnya, Anda bisa menyatukan keempat bagian sisi tadi dengan menggunakan sekrup atau paku kecil. Dimana sekrup yang bisa Anda gunakan adalah sekrup berukuran 3/4”. Supaya daya rekatnya lebih kuat, ada baiknya sebelum dipasang sekrup, Anda gunakan terlebih dahulu lem kayu ketika hendak menyatukan sisi-sisi triplek tersebut.

Supaya terlihat lebih menarik, Anda bisa mengecat kotak tersebut sesuai keinginan dengan menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan.

Membuat Kaki Rak

Jika pembuatan kotak sudah selesai, Anda bisa melanjutkannya dengan membuat alat bantu penyangga kotak yang nantinya akan ditempelkan di dinding. Hal ini dikarenakan apabila hanya mengandalkan kotak itu saja, tentu kotak belum bisa dipasang di dinding.

Anda perlu menggunakan besi siku khusus untuk rak buku. Dimana Anda bisa mendapatkannya di toko. Berikut ini cara membuat besi siku sebagai penyangga rak buku, diantaranya:

  1. Anda perlu mengukur terlebih dahulu sisa ruang kosong yang dapat dimasukkan penyangga nantinya. Pada proyek ini Anda bisa gunakan ukuran 48 cm x 7 cm.
  2. Selanjutnya, buatlah siku penyangga dengan ketebalan papan sekitar 2 cm. Adapun beberapa bagian harus dibuang ataupun dipotong.
  3. Lalu, buatlah penyangga kayu tersebut sebanyak 4 Pcs.
  4. Anda bisa mengambil papan berukuran 48 cm x 7 cm. Selanjutnya, buatlah 4 titik potongan dengan ukuran 2 cm x 2 cm. Lalu, silakan satukan penyangga kayu yang sudah dibuat sebelumnya dengan menggunakan sekrup. Sekrup yang bisa Anda gunakan yaitu yang berukuran 1½ “ atau 2 “.

Merangkai Penyangga Rak

Selanjutnya, Anda bisa menempelkan penyangga yang sudah dibuat sebelumnya ke dinding dengan menggunakan bor. Selanjutnya, masukkan kotak yang sudah dibuat pada langkah 2 dengan penyangga yang sudah dibor di dinding.

Lalu, silakan bor kotak tersebut pada penyangga kayu supaya kotak tidak mudah goyah saat diletakkan buku di atasnya. Agar terkesan minimalis dan lebih keren, Anda bisa membuatnya lebih dari satu.

Menggunakan Rak Buku

Anda bisa menyusun buku dengan rapi dan teratur. Hal ini dikarenakan tata cara penyusunan buku pada sebuah rak buku sangat berpengaruh pada sudut pandang. Jika Anda mengaturnya dengan baik, maka ruangan akan tampak rapi dan nyaman. Selain itu, space yang tersisa di bagian dalam sebelah kiri bisa Anda gunakan untuk mencharge handphone.

Cara membuat rak buku dari triplek diatas diharapkan bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang kebingungan dalam membuat sebuah rak. Anda bisa memanfaatkan rak buku sebagai wadah untuk menyimpan buku-buku kesayangan Anda.