Detail! Merk Dempul Kayu yang Bagus, Harga & Kelebihannya

Hampir semua bagian rumah dan bangunan lain tentunya ada yang menggunakan material kayu baik itu sedikit atau banyak. Karena kayu lebih rentan mengalami kerusakan dibanding material lainnya, anda harus melakukan berbagai perawatan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan anda. Dempul kayu menjadi salah satu cara paling mudah dilakukan karena hanya menggunakan produk tambahan.

Saat ini penggunaan dempul sudah menjadi keharusan untuk menjaga ketahanan furnitur rumah. Khususnya pada bangunan yang sebagian besar menggunakan material kayu hal ini penting dilakukan supaya bisa berlangsung lama dihuni. Untuk bahannya sendiri produk ini menggunakan solvent. Karena mampu memberikan dampak yang baik dan lebih mudah di rapikan pada benda lain.

Terdapat dua jenis dempul kayu yang juga memiliki fungsi berbeda. Wood Putty merupakan jenis dempul kayu yang digunakan untuk menambal cacat kayu, yang akan di finishing cat dengan warna – warna solid. Sedangkan, Wood Filler merupakan jenis dempul kayu yang dikhususkan untuk menambal cacat kayu, yang akan di finishing dengan warna natural kayu.

Merk Dempul Kayu yang Bagus

Berikut beberapa merk dempul kayu yang kami rekomendasikan untuk anda pilih. Rekomendasi ini kami berikan berdasarkan pengalaman yang diberikan oleh beberapa tukang bangunan yang pernah sharing dengan kami. Selain itu, beberapa merk dempul berikut juga memang dibuat dengan bahan dasar kualitas yang bagus. Itulah alasan mengapa beberapa merk berikut kami rekomendasikan untuk anda.

Mowilex Wood Filler

Dempul kayu Mowilex merupakan jenis dempul Wood Filler yang memiliki kandungan acrylic emulsion dengan pilihan warna yang senada dengan kayu jati dan kayu kamper. Untuk mengaplikasikannya dapat menggunakan pisau pallet atau sering disebut kapi. Sedangkan jika permukannnya halus dan datar, dapat menggunakan kain bal. Produk ini merupakan salah satu dempul kayu jati terbaik dibanding produk lainnya. Harga dempul kayu Mowilex dibanderol kisaran aharga Rp. 32.500.

Impra Wood Filler

Dempul kayu Impra merupakan produk yang dikeluarkan oleh Propan, dimana bahan dasar pembuatnnya adalah Nitrocellulose. Bahan dasar tersebut hanya bisa larut dengan solvent thinner untuk menjadikannya encer. Dempul Impra memang termasuk salah satu dempul minyak terbaik di kelasnya. Dimana salah satu kelebihannya adalah mampu menyerap warna kayu secara merata. Namun kelemahannya adalah bahan dasar dan pelarutnya yang kurang ramah lingkungan. Harga dempul kayu Impra Wood Filler dibanderol di kisaran Rp. 26.000 per kalengnya.

Impra Aqua Wood Filler

Dempul kayu Impra Aqua dibuat dengan bahan dasar yang bisa dilarutkan dengan air atau waterbased. Meskipun ada perbedaan bahan dasar antara dempul Impra dan dempul Impra Aqua, namun keduanya merupakan salah satu dempul kayu yang bagus ketika diaplikasikan. Namun jika anda menginginkan yang lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan, pilih saja dempul kayu Impra Aqua yang bisa dilarutkan dengan air. Harga dempul kayu Impra Aqua dibanderol dikisar Rp. 25.000 per kalengnya.

Biovarnish Wood Filler

Dempul Biovarnish ini merupakan produk dari Bio Industries yang dibuat dari bahan dasar yang aman terhadap lingkungan. Biovarnish Wood Filler sangat bagus diaplikasikan untuk kayu jati dan mahoni. Kandungan perekat yang terdapat pada dempul Biovarnish merupakan salah satu bahan perekat premium di kelasnya. Harga dempul Biovarnish dibanderol dikisar Rp. 26.000 per kalengnya.

BioColours Wood Putty

BioColours Wood Putty merupakan jenis dempul yang cocok diaplikasikan bagi anda yang ingin menggunakan finishing warna – warna solid. Sama halnya dengan Biovarnish, dempul Biocolours juga dapat dilarutkan dengan menggunakan air karena tergolong sebagai dempul waterbase. Harga dempul Biocolours Wood Putty dibanderol dikisar Rp 26.000 per kalengnya.

Cara Menggunakan Dempul Kayu

Dalam mengaplikasikan dempul kayu, harus diaplikasikan dengan cara – cara yang benar. Karena hal ini berkaitan dengan kulitas hasil akhir yang diperoleh. Berikut langkah – langkah menggunakan dempul yang baik dan benar.

  • Lakukan pengamplasan material kayu hingga halus menggunakan grid 150 untuk hasil yang maksimal. Selain itu grid 150 dipilih agar permukaan kayu juga sama rata, tidak hanya halus.
  • Selanjutnya, siapkan dempul yang sudah anda pilih dan aplikasikan menggunakan pisau scrape atau pisau kapi. Ratakan dempul hingga benar – benar menutup cacat tekstur pada kayu. Jika acacat tesktur banyak, ulangi beberapa kali hingga cacat tertutup dengan baik.
  • Selanjutnya tunggu hingga dempul mengering, kemudian amplas dengan grid 240. Lakukan hingga serat kayu terlihat setelah diamplas. Dan pastikan sekali lagi bahwa cacat tesktur telah tertutup sempurna.

Kriteria Dempul Kayu yang Bagus

Untuk mengetahui mana saja dempul kayu yang bagus ketika diaplikasikan pada furnitur anda yang ketahuan ada cacat, sebaiknya anda menyimak penjelasan kami berikut. Jika ternyata anda terlanjur membeli jenis dempul yang tidak sesuai dengan kriteria dibawah ini, segera beli ulang atau tukarkan. Jika tidak munculnya masalah cacat tambahan pada kayu furnitur anda bisa saja bertambah.

Tidak menimbulkan peeling

Peeling merupakan adanya bulir – bulir yang ada pada lapisan kayu. Hal ini menandakan ketidaksempurnaan karena tidak menutup pori – pori pada kayu dengan maksimal. Salah satu kerugian yang anda dapatkan jika hal ini terjadi adalah ketahanan kayu tidak berlangsung lama ketika digunakan. Di sisi lain juga peeling bisa terjadi karena kombinasi bahan dan cara yang digunakan salah.

Dempul tidak terlalu keras

Proses penutupan cacat pada kayu, dengan menggunakan dempul yang terlalu keras tidak akan mampu menutup pori – pori secara sempurna. Sehingga bisa dikatakan anda akan mendapatkan hasil yang kurang sempurna pada tahap selanjutnya.

Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan air atau solvent tergantung jenis apa yang anda gunakan. Dengan begitu anda bisa kembali ke proses awal sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Dempul kayu harus cepat kering

Produk dempul yang bagus selanjutnya adalah mudah kering. Karena jika sudah kering akan mudah melakukan proses selanjutnya dan melakukan finishing. Untuk mengaplikasikannya, anda bisa meletakkan peralatan di bawah sinar matahari atau di luar ruangan supaya terkena angin.

Produk dempul yang tidak mudah kering akan kurang baik sehingga bisa menghambat proses lain. Akan sulit bagi anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal jika proses dempul saja membutuhkan waktu lama.

Tidak menyebabkan pengapuran

Saat digunakan dempul kayu yang baik tidak akan menjadi sebab pengapuran pada material. Karena jika sampai ini terjadi akan membuat serbuk yang dikeluarkan menjadi tidak bagus, sehingga tidak baik untuk hasil akhir. Dan jika proses pengapuran ini terjadi, walaupun anda sudah melakukan dempul berkali – kali hasilnya akan tetap sama saja. Bahkan untuk melindungi kayunya saja sudah tidak bisa.

Tesktur dempul kayu harus halus

Alangkah baiknya jika anda melakukan proses dempul sebelum melakukan pembangunan. Karena hal ini dapat membuat kayu yang anda gunakan akan terasa halus. Dengan melakukan hal ini juga bisa mencegah terjadinya kerusakan di bagian awal sehingga umur penggunaannya pun menjadi lebih lama. Tidak menutup kemungkinan juga melindungi dari serangga.

Hasil yang halus ini akan memberikan kemudahan bagi anda. Salah satunya dengan meletakkan benda di atasnya jika dijadikan sebagai alas, atau melakukan proses pengecatan untuk hasil yang maksimal dengan tampilan yang menarik.

Menutupi noda

Dan bagian terakhir untuk menentukan dempul yang baik dari sisi daya tahan adalah mampu menutupi noda. Hal ini disebabkan karena dengan bahan yang digunakan mampu menyamarkan warna kayu yang sama seperti aslinya dengan warnanya sekarang. Tidak hanya noda, anda juga bisa membersihkan lubang – lubang kecil yang disebabkan kesalahan waktu pemasangan.

Ditambah dengan penggunaan plamir juga bisa menutupi tidak hanya lubang kecil, melainkan lubang besar yang disebabkan oleh serangga. Lubang yang disebabkan karena waktu produksi juga bisa dengan cepat ditangani dengan produk ini.

Saat ini sudah banyak produk dempul kayu yang bisa anda gunakan, bahkan sudah ada yang berbahan dasar ramah lingkungan. Tentu saja dilakukannya hal ini untuk menjaga keseimbangan untuk menjaga lingkungan dan juga mencegah pencemaran lingkungan. Untuk harganya sendiri sangatlah beragam, sehingga anda tidak perlu khawatir tidak bisa memberikan perawatan pada kayu rumah anda