Merk Semen Terbaik untuk Bangun Rumah di Indonesia

Kekuatan bangunan ditentukan oleh banyak hal, material bangunan menjadi faktor utama yang berpengaruh selain kondisi alam tentunya. Material bahan bangunan yang paling berpengaruh saat ini, adalah semen. Oleh sebab itu, pemilihan merk semen harus benar – ebnar diperhatikan. Karena kualitas semen bisa saja berbanding lurus dengan semakin dikenalnya merk semen.

Artinya, merk semen ternama akan selalu berusaha untuk menghadikan semen yang berkualitas, meskipun dari sisi harga tentu lebih mahal. Semen tercatat sebagai material paling banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Oleh sebab itu jangan sampai hanya tergiur semen harga murah, anda mengesampingkan kualitas.

Kewaspadaan anda anda saat ini yang berencana membangun rumah harus lebih dijaga, karena seiring besarnya jumlah pabrikan semen asing yang masuk ke negara kita. Hati – hati dengan tawaran harga murah, lebih baik menggunakan merk semen yang sudah lama kita kinal karena kualitasnya dan merupakan pabrikan dalam negeri.

Daftar Merk Semen Terbaik

Semen adalah salah satu elemen penting dalam proses pembuatan bangunan. Untuk menciptakan sebuah bangunan yang berkualitas dan juga tahan lama, tentu Anda membutuhkan semen yang berkualitas tinggi. Ada banyak merk semen berkualitas di Indonesia yang dijual di pasaran. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam sesuai merknya. Yuk, simak penjelasan detailnya sebagai berikut.

Semen Holcim

Semen berkualitas yang pertama yaitu merk semen Holcim. Adapun semen ini adalah salah satu produk yang memiliki keunggulan seperti Micro Filler Particle yaitu berupa butiran mineral mikro yang halus dan mampu mengisi rongga dengan sempurna guna menampilkan permukaan yang halus.

Selain itu, semen Holcim juga termasuk ke dalam produk yang ramah lingkungan, bersertifikasi Green Label dari Singapura. Semen ini sudah banyak dikenal masyarakat. Harga semen Holcim dibanderol berkisar antara Rp 39.200 – Rp 75.900 sesuai dengan spesifikasi semen.

Semen Tiga Roda

Selanjutnya, ada merk Semen Tiga Roda yang memiliki produk dengan standarisasi seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) dan European Standard (EU). Anda perlu tahu bahwa merk semen terbaik ini juga bisa digunakan untuk bangunan-bangunan pada umumnya.

Selain itu, semen Tiga Roda juga mampu menghasilkan permukaan beton ataupun plester yang lebih rapat serta lebih halus. Harga semen tiga roda dibanderol berkisar antara Rp 39.500 – Rp 100.000 sesuai dengan spesifikasi semen.

Semen Padang

Semen Padang adalah merk semen tertua yang ada di Indonesia. Adapun sejarah membuktikan bahwa pabrik semen Padang merupakan pabrik semen pertama yang ada di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa pabrik semen Padang berlokasi di Indarung, Sumatera Barat.

Dimana kawasan Indarung memang terkenal memiliki bahan baku semen terbaik di Indonesia. Wajar saja jika semen Padang memproduksi produk semen berkualitas tinggi yang banyak digunakan hingga saat ini. Harga semen Padang dibanderol berkisar antara Rp 46.000 – Rp 53.000 sesuai dengan spesifikasi semen.

Semen Gresik

Semen Gresik merupakan salah satu merk semen terbaik berikutnya, Adapun kualitas dari semen Gresik ini juga terbukti kokoh dan handal untuk setiap bangunan. Hal ini terbukti dari pemakaian semen Gresik dalam pembangunan berbagai jenis landmark dan juga struktur monumental.

Perlu Anda ketahui juga bahwa semen Gresik sudah mengantongi sertifikasi ISO 14001 sebagai tanda produk semen yang ramah lingkungan. Harga semen Gresik dibanderol berkisar antara Rp 36.000 – Rp 51.000 sesuai dengan spesifikasi semen.

Semen Garuda

Berikutnya, ada merk semen Garuda. Adapun semen Garuda ini memiliki beberapa keunggulan seperti, sudah memiliki sertifikasi SNI. Keunggulan semen ini ialah tahan terhadap serangan sulfat dan juga kedap air. Tak hanya itu, semen Garuda juga mampu menghasilkan permukaan yang halus dan tidak mudah retak, sehingga membuat konstruksi menjadi tahan lebih lama.

Harga semen Garuda dibanderol berkisar antara Rp 36.000 – Rp 65.100 sesuai dengan spesifikasi semen.

Semen Jakarta

Selain merk semen Garuda, ada juga rekomendasi produk semen terbaik lainnya yang ada di Indonesia yaitu semen Jakarta. Adapun semen ini memiliki harga yang terjangkau. Namun, meskipun murah, semen ini tetap memiliki banyak keunggulan contohnya hemat penggunaan, cepat kering, kokoh dan juga tahan lama.

Adapun semen Jakarta ini juga mampu menghasilkan permukaan yang halus. Oleh sebab itu, semen ini sangat cocok digunakan untuk konstruksi yang berkualitas tinggi. Harga semen Jakarta dibanderol dibanderol berkisar antara Rp 35.000 – Rp 43.000 sesuai dengan spesifikasi semen.

Semen Merah Putih

Merk selanjutnya adalah merk semen Merah Putih. Dimana produk semen berkualitas premium ini juga mampu  memberikan hasil akhir pada bangunan agar lebih kuat dan juga tahan lama. Hal ini dikarenakan semen Merah Putih menggunakan bahan baku pilihan yang diproses produksi dengan teknologi canggih.

Adapun semen Merah Putih ini juga mengandung material pozzolanic. Material tersebut biasanya berguna untuk memberikan ketahanan pada bangunan agar tahan lebih lama. Harga semen Merah Putih dibanderol berkisar antara Rp 37.000 – Rp 45.000 sesuai dengan spesifikasi semen.

Semen Batu Raja

Berikutnya ada merk semen Batu Raja yang juga dikenal sebagai salah satu produk semen dari Indonesia. Harga per sak nya pun dibandrol cukup murah dan terjangkau. Selain itu, kualitas semen ini juga sangat baik dan cocok digunakan untuk kontruksi bangunan. Tak hanya itu, semen ini juga mudah dijumpai di pasaran,

Beberapa merk dari produk semen yang ada di Indonesia diatas diharapkan bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang bingung mencari semen yang cocok untuk bangunan Anda. Harga semen Batu Raja dibanderol berkisar antara Rp 43.000 – Rp 56.000 sesuai dengan spesifikasi semen.

Merk Semen Rekomendasi

Dari 8 merk semen di atas, kami merekomendasikan 3 merk semen terbaik yang masing – masing memiliki kelebihan. Bagi anda yang menginginkan konstruksi bangunan yang cepat kering dan segera dapat selesai, memilih semen merk Tiga Roda merupakan pilihan terbaik.

Bagi tukang bangunan berbelanja semen Tiga Roda untuk pelanggan jasanya merupakan keuntungan tersendiri, karena anda yang berprofesi tukang bangunan akan mendapatkan insentif yang cukup besar.

Bagi anda yang menginginkan semen dengan kuat tekan yang tinggi pilihan pertama adalah Semen Gresik dan pilihan kedua Semen Holcim. Kedua merk semen ini dikenal sebagai semen yang memiliki kekuatan tekan yangkuat. Sangat cocok diaplikasikan untuk pengecoran kolom ring balok, lantai kedua dan lantai garasi yang menuntut kekuatan tekan yang sangat baik.

Tips Memilih Semen

Untuk menghasilkan bangunan yang kokoh, anda harus mempertimbangkan kualitas merk semen yang akan anda gunakan. Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengetahui semen terbaik yang layak anda gunakan. Berikut beberapa langkah memilih semen yang bagus, diantara :

  • Tidak menggumpal. Perhatikan tesktur semen, apakah ada gumpalan atau tidak. Semen yang telah menggumpal, biasanya adalah semen stok lama karena gumpalan terjadi disebabkan oleh udara dingin dan lembab. Jangan memaksakan menggunakan semen dengan kondisi seperti ini, karena daya rekatnya sudah menurun drastis.
  • Mengapung di air. Semen yang bagus ketika anda coba masukkan pada air, akan mengapung sementara waktu. Jika semen yang anda beli ketika anda coba masukkan pada bak berisi air dan langsung tenggelam, dapat dipastikan kualitas semen tersebut kurang bagus.
  • Kemasan tertutup sempurna. Jika anda membeli semen dan mengetahui tutup semen sudah sedikit terbuka, sebaiknya anda tukarkan. Kantong semen yang tidak tertutup sempurna, dipastikan semen didalamnya akan menggumpal karena udara yang masuk dalam kantong.
  • Tersertifikasi SNI. Belilah semen yang sudah lulus uji standarisasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Jangan tergiur dengan semen harga murah, namun tidak memiliki standar SNI.

Detail penjelasan mengenai beberapa merk semen terbaik yang ada di Indonesia dan tips memilih semen yang kami berikan, kami harapkan dapat menjadi masukan yang berarti dan membantu memudahkan anda dalam mengambil keputusan pemilihan merk semen terbaik.