Ide Motif Keramik: Keramik Motif Kayu & Keramik Batu Alam

iKeramik motif bisa menjadi solusi bagi anda yang berkeinginan untuk mencuri perhatian melalui salah satu elemen penting dalam sebuah bangunan, yaitu lantai. Agar rumah lebih berwarna, salah satu bagian yang dapat dimaksimalkan adalah dengan menggunakan keramik motif yang lebih eye catching dibanding hanya sekedar menggunakan motif – motif keramik yang mainstream.

Dengan memilih keramik dengan pola yang pas, nuansa rumah anda akan terasa lebih hidup berkat sentuhan estetika unik dari ubin keramik yang anda pilih. Pertanyaannya saat ini adalah konsep apa yang ingin anda usung pada rumah hunian anda, modern, minimalis, natural, kontemporer, atau bahkan industrialis dan brutalis.

Jika anda menginginkan salah satu konsep hunian tersebut menjadi pilihan, mungkin keramik motif batu alam dan motif kayu bisa menjadi jawaban agar lantai rumah anda lebih eye catching. Yuk, simak beberapa motif keramik bernuansa unik, bercorak kayu dan batu alam berikut sebagai inspirasi ketika anda memilih keramik motif.

Keramik Motif Unik

Lantai dan dinding merupakan media yang sering digunakan dalam banyak aktivitas, dan sekaligus menjadi salah satu elemen penting dalam mempengaruhi kualitas dekorasi sebuah ruangan. Oleh sebab itu, kedua elemen ini tidak boleh sampai terlihat membosankan. Solusinya adalah dengan menggunanakan motif – motif keramik yang unik, yang tidak akan membuat anda bosan ketika melihatnya.

Jika anda masih bingung dengan konsep keramik motif unik, Yuk simak beberapa model keramik bermotif berikut ini. Siapa tahu salah satunya bisa membuat anda kepincut dan menjadikannya pilihan.

Keramik Motif Monokrom

Bagi anda yang menyukai warna – warna monochromatic, tidak ada salahnya jika konsep keramik motif anda juga berkonsep monokrom. Karena sesuatu yang anda sukai tidak akan membuat anda bosan, khususnya dalam ranah permainan warna dan desain. Konsep monokrom cocok untuk anda aplikasikan untuk hunian anda yang berkonsep industrial dan modern futuristik.

Keramik Motif Geometri

Kesan artistik dalam hunian anda dapat lebih ditonjolkan lagi dengan mengaplikasikan keramik motif geometri. Anda bisa menggunakan keramik dengan motif geometri atau dengan menggunakan keramik yang berbentuk geometri. Jadi intnya, motif geometri dapat diaplikasikan dengan dua cara, dengan motif dan warna atau dengan bentuk dan warna.

Keramik Motif Mozaik

Keramik motif mozaik merupakan salah satu jenis motif keramik yang tidak lekang oleh waktu. Kini keramik mozaik sudah memiliki motif yang beragam, ada yang memadukan dua bentuk yang berbeda, ada pula yang memadukan ragam warna. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan konsep ruangan dalam hunian anda.

Keramik Motif Tegel

Keramik motif tegel sangat cocok diaplikasikan oleh anda yang menginginkan suasana vintage dan retro terasa lebih kental. Perpaduan warna dan motif pada keramik bermotif tegel memang mampu mengangkat nilai artistik dan menjadi simbol ke-modern-an dari ruangan berkonsep vintage dan retro.

Keramik Motif Kayu

Material kayu merupakan merupakan material serba guna secara fungsional dalam proses konstruksi bangunan ataupun pada saat dekorasi rumah hunian. Namun meskipun di Indonesia merupakan surganya kayu, bisa dibilang masih menguras budget yang besar untuk pengadaan lantai kayu. Bukan saja mahal dalam pengadannya, namun juga mahal dalam perawatannya.

Indonesia yang dikenal sebagai negara beriklim tropis terbesar, memang dikenal memiliki kelembaban udara yang tinggi. Kelembaban ini bisa menjadi masalah serius jika menyerang material kayu, karena bisa mengakibatkan percepatan timbulnya lapuk pada kayu. Belum lagi serangan hama kayu yang bernama rayap, yang sering menjadi masalah utama yang menyerang furnitur kayu di Indonesia.

Solusi termurah untuk dapat mengaplikasikan nuansa kayu untuk lantai hunian anda adalah dengan menggunakan keramik motif kayu. Material dengan motif kayu selain keramik sebenarnya ada, yaitu lembaran vinyl. Namun, jika bicara kekuatan, daya tahan dan biaya pengadaan yang lebih rendah, keramik motif kayu masih menjadi pilihan terbaik.

Keramik Motif Kayu Pola Memutar

Menggunakan keramik motif kayu berpola memutar bisa menjadi solusi agar lantai keramik anda terkesan tidak kaku. Keramik di atas memiliki ukuran 50 x 50cm yang merupakan produk keluaran dari keramik Roman dengan nama Roman dSylva yang diproduksi dalam dua jenis tipe warna, yaitu kayu dengan warna cerah dSylva Cherry dan kayu dengan warna gelap dSylva Wengue.

Keramik Motif Kayu Pola Zig Zag

Jika anda ingin memadukan kesan modern dan vintage secara beriringan, aplikasi penggunaan keramik ukuran 20 x 60 cm yang dipasang berpola zig zag bisa menjadi solusi. Pemasangan dengan berpola zig zag akan memunculkan kesan garis – garis patah yang memperkuat kesan modern pada lantai rumah anda. Agar kekuatan modern dan vintage berimbang dan beriringan, usahakan menggunakan furnitur dengan warna – warna yang sedikit lebih gelap dibanding warna keramik anda.

Keramik Motif Kayu Pola Mozaik

Selain lantai, dinding juga merupakan aspek yang juga memiliki nilai tersendiri yang dapat dieksplore agarmampu lebih menghidupkan suasana sebuah ruangan. Keramik ukuran 30 x 30cm bertekstur emboss kayu yang tidak seragam seragam bentuk permukannya bisa menjadi pilihan untuk lebih menghidupkan sentuhan atraktif pada sebuah ruangan.

Keramik Motif Kayu Sonokeling

Sonokeling merupakan salah satu jenis kayu paling diburu karena pola serat dan warna coklat kemerahan memiliki daya tarik tersendiri. Kini sudah ada keramik ukuran 20 x 120cm bermotif kayu sonokeling yang juga memiliki pola serat dan warna yang menyerupai aslinya. Anda yang ingin menonjolkan nuansa kayu pada lantai rumah anda yang berkonsep industrialis, bisa menjadikannya solusi murah dibanding harus menggunakan kayu sonokeling untuk decking lantai.

Keramik Motif Kayu Jati Belanda

Sebagian masyarakat mengenal sebagai kayu jati belanda, dan sebagian lagi mengenal dengan sebutan kayu pinus. Kayu ini memang memiliki pola serat yang menawan, cocok untuk diaplikasikan dalam berbagai konsep dekorasi, seperti konsep vintage, modern, klasik dan industrial. Jika ingin mengaplikasikan nuansa serat kayu jati belanda ini, kini sudah ada keramik ukuran 20 x 60cm dengan pola serat yang mirip dengan bentuk aslinya.

Keramik Motif Kayu Jati

Siapa yang tidak kenal dengan jenis kayu yang satu ini. Kayu jati merupakan janis kayu yang banyak diburu karena memiliki pola serat yang menawan dan cocok untuk adaptasi dengan banyak konsep dekorasi. Namun masalah utamanya adalah dari sisi harga, mengaplikasikan kayu jati untuk parket lantai bukan solusi murah yang bisa diterapkan.

Solusinya jika ingin tetap menjadikan ruangan anda terkesan hangat dengan sentuhan kayu jati, anda bisa mengaplikasikan keramik motif kayu jati yang kini sudah tersedia dalam berbagai ukuran.

Keramik Motif Kayu Bekas Kapal Bagian Luar

Ingin menjadikan ruangan bernuansa kayu dengan sentuhan yang lebih berani? Mengaplikasikan nuansa kayu bekas pakai bisa menjadi solusi. Jenis kayu bekas yang sering dipilih untuk memperkuat kesan tersebut adalah kayu bekas kapal yang notabene menggunakan kayu ulin yang tidak begitu memiliki pola serat. Namun jangan salah, bekas – bekas cat masih menempel akibat pengalusan ulang pada permukaan kayu, bisa menghasilkan sentuhan estetik yang jarang ditemukan.

Konsep dekorasi seperti ini, sangat cocok dipalikasikan untuk anda yang memperkuat kesan vintage dan industrialis dalam rumah hunian anda. Kini sudah tersedia keramik motif kayu bekas kapal yang sudah diserut ulang dengan dua jenis varian ukuran yaitu 20x 100cm dan 30 x 100cm, memadukan kedua ukuran tersbut bisa menjadi solusi murah agar ruangan anda lebih terasa hangat dan sedikit lebih tegas.

Keramik Motif Kayu Bekas Kapal Bagian Luar

Pernah melihat kapal nelayan yang memiliki banyak corak warna, tahukah anda bahwa kayu bekas kapal yang sisi luarnya memiliki ragam warna, jika sudah menahun dalam pemakaian akan menghasilkan nuansa vintage yang menonjol?

Jika sebelumnya kayu bekas kapal harus diserut ulang agar warna kayu kelihatan lebih tegas, kini tanpa diserut ulang masih dengan sentuhan warna cat yang mulai terkelupas, kayu bekas kapal nelayan juga menghasilkan sentuhan unik dan vintage yang lebih mencuri perhatian. Seperti pada gambar di atas, adalah contoh keramik ukuran 20 x 120cm yang bermotif kayu bekas kapal dengan warna dasar utama biru dan hijau yang sudah kusam. Keramik ini cocok untuk anda aplikasikan agar kesan vintage semakin dominan.

Keramik Motif Batu Alam

Batu alam merupakan material dekorasi yang terbilang tidak murah untuk didapatkan, meskipun di Indonesia memiliki daerah – daerah penghasil batu alam dengan kualitas eksport. Karena memang proses penambangan batu alam tidak mudah, maka wajar jika material yang dihasilkan tidak murah. Oleh karena itu, untuk dapat tetap menikmati sentuhan estetika dari batu alam, solusi termurahnya adalah dengan menggunakan keramik dengan motif batu alam.

Keramik motif batu alam juga merupakan salah satu motif keramik yang dapat diaplikasikan untuk berbagai konsep rumah hunian. Alasan utamanya adalah, batu alam memiliki warna netral yang mudah diadaptasi dan dipadukan dengan warna – warna lain.

Keramik Batu Alam Sandstone

Batu alam sandstone memiliki karakter warna utama kuning, putih, putih kekuningan, coklat kemerahan, abu – abu dan merah. Namun yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah warna putih, kuning, dan putih kekuningan. Corak warna dan serat dari sandstone sangat cocok diaplikasikan untuk ruangan dengan konsep mediteranian dan natural tropis. Warna dan corak yang dihasilkan akan membuat ruangan anda terasa tetap dingin.

Salah satu corak keramik yang memiliki corak natural sandstone adalah keramik dari Roman, yaitu Sandsstone Bone dan Sandstone Cream keduanya memiliki ukuran 40 x 40cm. Pada gambar di atas merupakan keramik motif batu alam Sandstone Cream.

Keramik Batu Alam Andesit

Jika konsep rumah hunian anda mengusung konsep natural tropis, warna yang dihasilkan dari batu alam andesit dapat menjadikan ruangan anda lebih menyatu dengan alam. Ditambah lagi, jika ada taman dalam ruangan di rumah anda, nuansa natural tropika akan semakin kental. Corak batu alam andesit yang memiliki karakter keras, tidak akan menjadikan rumah anda kaku, sebaliknya akan mampu menjadikan ruangan anda layaknya taman luar ruangan yang menyatu dengan alam tropis.

Namun jika menggunakan batu andesit yang sebenarnya, tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Oleh karenanya, solusi termudah adalah dengan mengimplementasikan keramik batu alam andesit.

Keramik Batu Alam Batu Candi

Batu candi merupakan jenis batu endapan lava dari masa lalu yang memiliki corak warna gelap kehitaman dengan pori-pori cukup besar. Warna gelap yang dihasilkan akan mampu menyulap ruangan anda menjadi terkesan lebih adem. Dengan pori-pori yang besar, batu candi tidak akan memungkinkan untuk diaplikasikan menjadi pelapis lantai karena pori-porinya sudah pasti akan menumpuk kotoran.

Solusinya adalah dengan mengaplikasikan keramik batu alam candi yang kini sudah cukup banyak varian coraknya dan cukup mudah ditemukan di mall bahan bangunan sekitar anda.

Keramik Batu Alam Batu Fosil

Batu Fosil merupakan jenis batu alam endapan dari masalalu yang berupa fosil hewan atau tumbuhan yang mati dan menjadi batu. Proses membatunya tumbuhan atau hewan tersebut membutuhkan waktu puluhan ribu tahun. Corak warna dari batu fosil sangat beragam, begitupun dengan serat coraknya yang akan mengikuti serat dari asal makhluk yang membatu. Batu fosil dari pohon akan memiliki corak serat kayu, jika berasal dari hewan maka akan memiliki serat berbentuk hewan.

Batu fosil ini sangat cocok diaplikasikan untuk hunian anda yang mengusung konsep klasik. Namun untuk mendapatkan batu fosil ini bukan perkara mudah. Solusinya anda dapat mengaplikasikan keramik motif batu alam fosil dari Roman yaitu Triassic Fossil.

Keramik Batu Alam Diroit

Batu alam Diroit merupakan jenis batu pegunungan yang memiliki corak warna abu-abu kombinasi putih dan hitam kombinasi putih yang sangat solid. Corak warna yang dihasilkan akan mampu membuat ruangan anda menjadi terkesan lebih modern dan bersih. Anda bisa mengaplikasikan keramik batu alam diorit untuk lantai atau dinding. Bentuk permukan keramiknyapun kini semakin beragam, ada yang kasar, halus mengkilap, halus matte dan emboss. Anda dapat menyesuaika dengan selera dan konsep ruangan anda.

Keramik Batu Alam Limestone

Batu Alam Limestone memiliki corak warna cerah putih kekuningan dan gelap. Namun yang paling mudah ditemui di Indonesia adalah yang bercorak cerah putih kekuningan. Corak warna dari batu alam limestone sangat cocok dipadukan dengan furnitur dengan warna natural kayu. Keuntungan menggunakan keramik batu alam limestone dibanding menggunakan batu limestone yang sebenarnya, adalah dari sisi perawatannya yang lebih mudah keramik.

Keramik Batu Alam Granit

Pesona granit kini semakin populer di Indonesia. Berkat sentuhan dari corak granit akan membuat ruangan menjadi semakin berkelas. Namun biaya untuk mendapatkan batu granit juga terbilang mahal. Untungnya kini sudah ada jenis keramik yang disebut keramik homogen yang dibuat secara khusus untuk memiliki corak batu alam granit senatural mungkin. Ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ngebet ingin merasakan sentuhan corak granit dirumah anda.

Keramik Batu Alam Marmer

Sudah lama batu Marmer dikenal sebagai pelapis lantai yang dengan coraknya akan memunculkan kesan mewah dan elegan pada sebuah ruangan. Namun sejatinya batu marmer tidak hanya untuk lantai, namun juga dapat diaplikasikan untuk dinding ruangan. Kini sudah banyak keramik motif batu marmer dengan banderol harga keramik yang cukup ramah dengan kantong. Perpaduan keramik bermotif batu marmer yang didukung pencahayaan yang tepat, akan menghasilkan ruangan yang mewah dan berkelas.

Keramik Batu Alam Slate Andesit

Jika anda menginginkan keramik bermotif batu andesit yang anti mainsteram, mengaplikasikan keramik slate andesit seperti pada gambar di atas bisa menjadi solusi menarik. Slate Andesit merupakan bentuk corak sisa-sisa lempengan produksi batu andesit yang berukuran tidak merata dan ditata secara horizontal.

Keramik Batu Alam Slate Sandstone

Pada gambar di atas, merupakan keramik motif slate sandstone yang juga dapat anda aplikasikan untuk memperoleh sentuhan corak batu alam sandstone dengan karakter yang berbeda.

Semoga contoh – contoh keramik motif kayu dan keramik motif batu alam di atas bisa menjadi inspirasi anda dalam menentukan corak bentuk keramik yang akan anda pilih.