Home Dapur

Inspirasi Keramik Meja Dapur Unik untuk Dapur Idaman

Dapur rumah bisa jadi merupakan salah satu ruangan favorit, apalagi bagi anda yang menyukai kegiatan memasak.  Dapur menjadi bagian penting di rumah anda untuk menghasilkan makanan-makanan kesukaan yang bisa disantap bersama keluarga. Untuk itu, anda juga bisa menghias dapur rumah anda dengan berbagai elemen pendukung. Bagi siapapun yang hobi memasak berinteraksi dengan keramik meja dapur tentu tidak bisa dihindarkan.

Salah satu yang bisa anda gunakan sebagai penghias dapur adalah keramik meja dapur anda. Mengapa demikian? Karena elemen pada meja dapur seperti keramik ini bisa menambah keindahan maupun dari segi keamanan saat proses memasak makanan. Ukuran dan pilihan warna pada keramik dapur sangat berpengaruh pada visualisasi dapur. Berikut adalah beberapa desain keramik yang bisa menjadi inspirasi untuk hunian anda.

Apapun jenis keramik yang menjadi pilihan poin pertama yang harus anda perhatikan adalah harga keramik, jangan sampai melebihi prioritas budget yang anda miliki. Poin kedua yang harus anda perhatikan adalah kesesuaian dengan konsep keseluruhan interior dapur anda secara khusus, dan konsep interior rumah anda secara umum.

Keramik Meja Dapur untuk Top Table

Salah satu sisi meja dapur yang harus mendapatan sentuhan pertama kali, agar menciptakan suasana dapur yang lebih menyenangkan adalah sisi atas meja dapur anda. Sisi atas meja dapur disebut dengan top table. Berikut beberapa inspirasi model keramik meja dapur yang dapat anda aplikasikan untuk mempercantik top table dapur anda.

Desain Keramik Meja Dapur Merah

Desain keramik bagian meja dapur yang bisa anda pilih salah satunya adalah model berwarna merah. Pilihan warna yang satu ini menunjukkan karakter berani dan semangat yang menyala-nyala. Dengan pemilihan keramik meja berwarna merah, anda bisa memadu-padankan beberapa warna netral lain seperti hitam atau putih agar kontras.

Anda juga bisa menyandingkan beberapa perabotan yang berwarna merah pada keramik tersebut untuk menambah estetika. Keramik meja dapur berwarna merah biasanya diaplikasikan seperti pada restoran-restoran Italia.

Desain Keramik Mozaik

Satu lagi pilihan yang bisa menjadi inspirasi anda adalah desain keramik Mozaik. Gunakan pilihan keramik berawarna campuran antara hitam, abu-abu dan putih dan membentuk pola. Dapur dengan keramik seperi ini akan memberikan kesan back to nature atau alami. Karena desain mozaik pada keramik seolah adalah batu-batu yang ada di alam.

Desain Keramik meja dapur Mozaik

 

Jika anda mendesain dapur outdoor, keramik mozaik akan lebih cocok diterapkan. Hal ini karena selain lebih mendapat kesan alami, material keramik juga tahan akan paparan sinar matahari dan hujan sehingga akan awet lebih lama.

Desain Keramik Papan Catur

Selain 3 model di atas, pilihan lain yang bisa anda terapkan adalah desain keramik berpola papan catur. Pola paoan catur yang berawarna hitam-putih bisa memberikan kesan elegan tersendiri untuk ruangan dapur secara keseluruhan. Tidak hanya berwarna hitam putih, anda juga bisa mengombinasikan warna putih dengan warna lain, misalnya putih-biru atau putih-abu-abu.

Mood memasak atau mengolah makanan akan lebih ceria saat anda melihat kombinasi warna cerah-gelap nan serasi seperti yang ada pada desain keramik pola papan catur. Gunakan keramik sesuai dengan ukuran meja dapur agar sesuai sehingga tidak kekecilan atau kebesaran

Desain Keramik Berwarna Terakota

Warna terakota adalah warna-warna khas perkotaan seperti coklat, krem atau kekuningan yang juga menjadi menarik ketika diterapkan pada keramik dapur. Penerapan warna ini membikin dapur anda terkesan alami, tradisional dan klasik. Jika satu warna saja terlalu membosankan, anda bisa menggunakan keramik berpola lebih kecil untuk menambah variasi warna.

Keramik Meja Dapur untuk Kaki Meja

Tidak melulu permukaan meja dapur menjadi highlight utama tampilan sebuah dapur. Keramik pada bagian meja dapur bisa kita biarkan saja menggunakan warna polos seperti putih atau hitam seluruhnya. Namun kita melakukan eksperimen pada bagian sampingnya. Tambahkan aksen-aksen kecil pada keramik samping meja dapur seperti motif hitam-putih kecil.

Walaupun mendapat tambahan kecil, namun efeknya tampilan dapur bisa memanjakan mata secara keseluruhan. Ruangan dapur pun menjadi sangat elegan dan mampu menjadikan mood semakin baik saat akan melakukan pekerjaan di dapur.

Desain Keramik Motif Azulajo

Motif azulajo merupakan motif keramik yang berasal dari Spanyol dan Portuga. Motif ini berkembang sejak abad ke 15 yang menggambarkan kepercayaan masyarakat sepanyol pada waktu itu. Keramik motif azulajo akan berubah menjadi lebih unik ketika dipasang secara gabungan. Biasanya tiap 4 keramik akan menghasilkan motif baru. Motif ini sangat cocok diaplikasikan untuk dapur anda yang mengusung konsep vintage dan natural modern.

Desain Keramik Motif Talavera

Motif keramik Talavera memiliki nuansa yang hampir mirip dengan motif azulajo, nkarena memang kemunculan motif ini di Meksiko dipengaruhi oleh pengrajin azulajo yag datang dari Spanyol sekitar abad ke 16. Perbedaan Talavera dan Azulajo terlihat pada konsep corak motifnya. Pada tiap keramik Talavera sudah menggambarkan corak motif yang menyeluruh tanpa harus dilakukan penggabungan dengan keramik lainnya.

Desain Keramik Meja Dapur Kuning

Bagi anda yang menyukai kesan glamor pada dapur anda, pilihan keramik berwarna kunin bisa menjadi pilihan tepat. Warna kuning berhubungan dengan keceriaan, kehangatan dan kebahagiaan. Warna ini sangat cocok dengan anda yang ingin memiliki dapur yang cerah, cozy dan penuh energi positif.

Desain Keramik Meja Dapur Hijau

Bila anda menginginkan dapur dengan susana alam bebas yang kuat, memilih keramik warna hijau bisa menjadi pilihan tepat. Dengan memilih keramik warna hijau, anda akan memperoleh suasana tenang dan nyaman. Warna hijau merupakan gambaran kepribadian orang yang suka berterang terang dan selalu memilih untuk berdamai dengan orang lain.

Desain Keramik Motif Geometri

Jika anda ingin menjadikan suasana ruangan agar lebih hidup, menggunakan keramik meja dapur pada sisi kaki mejanya dengan keramik motif garis geometri bisa menjadi salah satu pilihan. Pada gambar di bawah, keramik dapur geometri dengan warna dasar putih mampu menghidupkan susana dapur yang didominasi warna putih. Motif ini juga sangat cocok dipadukan dengan warna emas yang berkesan glamor.

Desain Keramik Model Subway

Ingin memiliki kamar mandi yang berkesan vintage namun balutan warna serba putih agar terkesan luas, anda bisa memilih menggunakan keramik subway berwarna putih. Keramik subway berwarna putih dengan motif marmer seperti pada gambar di bawah, selain menonjolkan kesan vintage, nuansa alam juga bisa menjadi nilai tambah yang dimiliki dapur anda anda. Pemilihan keramik ini sangat cocok dipadukan dengan dekorasi bagian dapur lainnya dengan motif kayu.

Itulah tadi beberapa inspirasi yang bisa anda gunakan sebagai desain keramik meja dapur. Pilihlah desain yang sesuai dengan karakter anda agar meja dapur yang anda pakai selalu menjadi tempat yang menyenangkan ketika digunakan. Selain itu, perhatikan juga ukuran dapur dan perabotan lain di sekitarnya.