Detail! Harga Polycarbonate dan Kekuatan Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate merupakan jenis penutup atap yang dibuat dengan bahan dasar polycarbonate. Unsur ini masih tergolong dengan kelompok polimer termoplastik yang mudah dibentuk dengan menggunakan suhu panas. Sebagai atap, polycarbonate dapat mengalirkan air hujan dengan cepat, dan dapat menerap sinar matahari hampir 90%. Hal ini yang menyebabkan ruangan dibawahnya tetap sejuk.

Polycarbonate memiliki sifat dasar yang tembus pandang, ringan, tahan benturan dan tahan cuaca. Sehingga membuat polycarbonate sebagai material plastik yang paling ideal untuk pengganti kaca, dalam cakupan bidang industri hingga rumah hunian. Atap Polycarbonate mulai masuk di Indonesia sejak awal tahun 90-an sebagai material atap untuk ruangan yang membutuhkan cahaya alami sinar matahari.

Oleh sebab itu, penambahan anti UV pada salah satu sisi atauapun kedua sisi atap Polycarbonate sudah menjadi standard bagi produsen material tersebut. Bahkan beberapa merk import, terdapat Polycarbonate yang sedari awal pembuatan sudah dicampurkan dengan komponen anti UV ketika material transparant ini masih dalam mesin ekstruksi. Hal ini dilakukan, agar komponen anti UV dapat benar – benar menyatu, dan benar – benar dapat menyerap panas sinar UV ketika digunakan.

Ragam Jenis Atap Polycarbonate

Polycarbonate Multiwall. Polikarbonat jenis ini memiliki struktur berbentuk rongga – rongga yang menyatukan dua lapisan Polikarbonat dan tidak bergelombang. Atap Polycarbonate multiwall tahan terhadap benturan dan hampir tidak dapat dipecahkan

Polycarbonate Solid. Polikarbonat jenis ini memiliki struktur tebal layaknya lembaran akrilik dan kaca serta berkontur datar.

Polycarbonate Corrugated. Polikarbonat jenis ini memiliki struktur berbelombang dan hanya memiliki 1 lapisan tebal.

Polycarbonate Corrugated Multiwall. Atap Polycarbonate jenis ini memiliki struktur berbentuk rongga – rongga yang menyatukan dua lapisan dan memiliki kontur bergelombang.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan atap Polycarbonate. Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan berikut ini.

Kelebihan Atap Polycarbonate

Berikut beberapa kelebihan atap polycarbonate yang berhasil kami gali dan kami kumpulkan.

  1. Peredam Panas Maksimal. Atap Polycarbonate terbilang sebagai jenis atap yang mampu meredam panas secara maksimal, berkat lapisan UV Protection. Atap jenis ini mampu memantulkan panas hingga 90% namun tetap menyerap seluruh cahayanya untuk menyinari bagian bawah atap. Sebab, karakter utama dari atao ini adalah tampilan transparan.
  2. Pemasangan Mudah. Pemasangan atap jenis ini mudah dilakukan, anda hanya harus menyiapkan pemotong, gasket Neoprene, sealent, pengencang, Profil U dan Profil H. Jika kebutuhan tersebut telah lengkap, andapun akan dapat memasangnya sendiri.
  3. Fleksibel dan Tahan Lama. Polycarbonate memiliki daya tahan dan kekuatan yang istimewa, mudah dipotong namun tahan terhadap benturan dan cuaca ekstrem. Karena kelebihan tersebut, cukup sulit menemukan Polycarbonate rusak karena pecah.
  4. Kaya Varian Warna. Atap Polycarbonate memiliki jumlah varian warna yang cukup banyak, ada sedikit gelap dan ada yang cerah. Anda hanya butuh menyesuaikan dengan warna cat dinding rumah anda, agar tetap indah seirama.
  5. Ramah Lingkungan. Atap Polycarbonate dibuat dengan bahan – bahan ramah lingkungan, dan diolah dengan teknologi yang modern. Dengan begitu, juga akan melahirkan produk yang juga ramah terhadap lingkungan.

Kekurangan Atap polycarbonate

Jika sebelumnya banyak kelebihan dari jenis atap ini yang siap membuat anda kepincut, kini giliran kita cari kekurangan atap Polycarbonate. Simak penjelasan berikut.

  1. Harga Mahal. Harga yang dibanderol untuk setiap jenis atap polycarbonate nyatanya masih terbilang sangat tinggi. Jika anda ingin membangun rumah dengan budget seminimal mungkin, silahkan hindari untuk menggunakan Polycarbonate untuk penutup kanopi atau yang lainnya.
  2. Sulit Dibersihkan. Jika anda gemar menanam pohon hingga menjulang tinggi, dan diwilayah anda terbilang padat penduduk, sebaiknya hindari menggunakan atap Polycarbonate. Sebab, jika daun – daun pohon berserakan pada atap dan menimbulkan munculnya jamur dan lumut, atap jenis ini sulit dibersihkan.

Perbedaan Atap Polycarbonate Solarlite dan Twinlite

Polycarboate Solarlite dan Twinlite merupakan sub jenis dari Polycarboate Multiwall. Meskipun memiliki struktur hampir sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak. berikut beberapa perbedaan Polikarbonat Solarlite dan Polikarbonat Twinlite yang bisa kami tangkap.

  • Ketebalan Material. Atap Polycarbonate Twinlite ternyata memiliki pilihan ketebalan yang lebih beragam, yaitu 5mm dan 6mm. Sedangkan Polycarbonate Solarlite hanya tersedia ketebalan 5mm saja.
  • Pilihan Warna. Polycarbonate Twinlite memiliki koleksi warna yang lebih gelap, sedangkan Solarlite memiliki warna – warna yang lebih cerah. Dengan mengetahui perbedaan ini, akan lebih memudahkan anda memilih yang sesuai dengan warna cat dinding rumah anda.
  • Jaminan Garansi. Jika anda ingin mendapatkan jaminan garansi hingga 10 tahun, pilih atap Polycarbonate Twinlite. Karena untuk Solarlite tidak dibekali jaminan garansi dari peabrikan.
  • Perlindungan Sinar UV. Lapisan UV Protection pada Twinlite lebih baik dibanding Solarlite. Jadi bagi anda yang menginginkan suplai cahaya yang banyak, namun tidak menimbulkan panas dan gerah, pilih saja Twinlite.
  • Banderol Harga. Faktor harga bisa jadi menjadi pertimbangan yang sangat penting. Polycarbonate Twinlite memang dibekali lebih banyak kelebihan dibanding Solarlite, namun hal itu juga menjadikan jenis Twinlite lebih mahal.

Tips Memilih Atap Polycarbonate

  • Kekuatan dan Daya Tahan. Tekan lembaran atap Polycarbonate kuat – kuat, jika terjadi penyok, dan timbul lendutan pada rongga Polycarbonate, berarti kualitas dari material tersebut layak dipertanyakan. Sebab, Polycarbonat berkualitas baik, tahan terhadap benturan dan tekanan.
  • Perlindungan Sinar UV. Polycarbonate dengan kualitas baik, dibekali dengan lapisan UV protection. Lapisan ini akan memantulkan panas, namun tetap menghantarkan ahaya. Anda dapat mencoba membawa lembaran Polycarbonate dibawah terik matahari dan letakkan di atas kepala. Jika terik matahari sama menyengatnya dengan tanpa menggunakan Polikarbonat, dapat disimpulkan bahwa kualitas Polikarbonat tersebut jelek.
  • Pilih Sesuai Kebutuhan. Polycarbonate memiliki berbagai ragam jenis, sehingga anda hanya harus memilih sesuai dengan yang anda butuhkan.
  • Kesesuaian Warna. Pilih atap Polycarbonate yang memiliki warna yang seirama jika dipadukan dengan warna dinding anda.
  • Perhatikan Jaminan Garansi. Ini tidak kalah pentingnya, untuk ebutuhan pemakaian yang lama, sebaiknya anda juga mempertimbangkan jangka waktu garansi diberikan jika terjadi kerusakan yang bukan kesalahan pemasangan.

Cara Pasang Atap Polycarbonate

Ikuti langkah – langkah berikut, untuk memasang atap polycarbonate secara baik dan benar. Karena setiap langkahnya, membutuhkan ketelitian dan kehati – hatian ekstra.

  1. Pastikan terlebih dahulu, derajat kemiringan permukaan rangka atap lebih dari 5 derajat.
  2. Pertama, potonglah lembaran polycarbonate menggunakan alat pemotong, seperti gunting besi, gerinda atau gergaji. Untuk hasil yang lebih rapi, anda juga bisa menggunakan silet cutter berukuran besar.
  3. Setelah pemotongan selesai, lembaran polikarbonat twinlite akan dipasang dengan menggunakan pengencang anti karat pada setiap struktur atap. Proses ini dilakukan dengan mulai membuat lubang pada pada lembaran polikarbonat berukuran 2mm untuk penempatan pengencang. Jumlah penggunaan pengencang, harus disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Setelah tahap pemasangan selesai, ujung polikarbonat di tutup dengan selotip kedap air. Selanjutnya ditambahkan profil U untuk menutup selotip kedap air tersebut.
  5. Untuk menggabungkan stiap potongan lembaran polikarbonat, gunakan profil H. Profil H yang digunakan, anda dapat memilih yang berbahan polikarbonat atau berbahan alumunium.
  6. Gunakan gasket karet Neoprene sebagai bantalan, antara polikarbonat dengan rangka atap. Jangan gunakan gasket berbahan dasar PVC yang keras.
  7. Gunakan sealent untuk menutup sambungan – sambungan lembaran polikarbonat, untuk menutup celah yang memunginkan membuat terjadinya rembesan air. Namun pilih sealent yang sesuai dengan unsur – unsur polikarbonat, agar tidak menimbulkan kerusakan pada material polikarbonat.

Rangka Atap Polycarbonate

Jika anda ingin mengaplikasikan atap Polycarbonate, kami menyarakan untuk menggunakan struktur rangka baja ringan. Dengan pertimbangan, ketika menggunakan rangka baja ringan, proses pemasangan akan lebih cepat dibanding menggunakan material rangka atap lainnya, seperti kayu dan besi. Material baja ringan galvalume, hanya membutuhkan baut drilling untuk pennyambungan.

Sedangkan jika anda menggunakan besi, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pemsangan. Sambungan yang membutuhkan pengelasan, menjadi hambatan utamanya, dan belum lagi proses pelapisan agar besi tidak cepat karat.

Polycarbonat tidak hanya berfungsi sebagai atap, juga dapat digunakan sebagai dinding. Untuk dinding, biasanya implementasi dari Polycarbonate digunakan sebagai dinding dan atap Green House (rumah penelitian yang berhubungan dengan aneka tanaman). Selain itu, polycarbonate juga dapat dipalikasikan pada kanopi baja ringan untuk carport, atau rumah taman. Implementasi Polycarbonate untuk kanopi, sudah sangat sering dilakukan di Indonesia.

Harga Atap Polycarbonate

Merk Tebal Ukuran Harga
Twinlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.200.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.480.000,-
10 mm 2,1 m x 11,8 m 3.500.000,-
Lexan Easy Clean 6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.760.000,-
X-Lite 4,5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.315.000,-
Duromax 4,8 mm 2,1 m x 11,8 m 1.670.000,-
Solarlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.770.000,-
GE Carboron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.870.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.150.000,-
Polykron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.050.000,-
Global 4,2 mm 2,1 m x 11,8 m 1.225.000,-
4,5 mm 2,1 m x 11,8 m  1.395.000,-
De’Light 4 mm 2,1 m x 11,8 m 1.055.000,-

Harga Sambungan Polycarbonate

Spesifikasi Barang Ukuran Harga
Profil “H” warna hitam untuk sambungan 6 m 75.000,-
Profil “H” warna putih untuk sambungan 6 m 68.000,-
Profil “U” warna putih/silver untuk sambungan 6 m 25.000,-
Profil “U” warna hitam untuk sambungan 6 m 32.000,-
Profil Omega warna putih untuk sambungan 6 m 47.000.-

* Harga di atas dapat berubah sewaktu – waktu, tanpa dapat kami beritahukan kepada anda. Untuk itu sebelum anda membeli produk, jangan lupa untuk mengunjungi laman ini lagi. Jika perlu bookmark saja lamannya, untuk mempermudah anda kedepannya.