Harga Paving Block, Ukuran & Cara Pasang Paving Block

Paving Block memiliki sebuatn lain Bata Beton. Bata beton merupakan suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari beberapa campuran, diantaranya adalah semen portland atau perekat hidrolis lain, air dan agregat. Komposisi material ini nantinya dapat berpengaruh terhadap harga paving block secara langsung.

Ketika Anda akan memilih paving block yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda, ada baiknya hal pertama yang harus diperhatikan adalah beban yang akan melintasi permukaan tanah atau kawasan yang akan dipakaikan paving block. Hal ini dimaksudkan agar paving dapat tahan lama ketika digunakan.

Karena paving block diproduksi dalam berabagai mutu komposisi dan pilihan ketebalan. Mutu komposisi yang kebanyakan diawarkan adalah antara K-300 s/d K-400 dan ketebalannya antara 6 s/d 8 cm. Semakin bagus mutu komposisi dan semakin tebal maka harga paving block akan semakin mahal.

Harga Paving Block

Bisa dikatakan bahwa harga paving block cukup dipengaruhi oleh harga semen dipasaran. Jika harga material semen naik, banyak kemungkinan harga paving block juga akan ikut naik. Namun tentu saja perubahan harganya tidak secepat yang mungkin kita bayangkan.

Harga paving block juga dibedakan berdasarkan mutu komposisi adonan bahan dasar bata beton ini. Semakin tebal ketebalan bata beton dan semakin keras kuat tekannya maka harganya akan semakin mahal. Selain dari komposisi bahan, ketebalan juga dibedakan berdasarkan bentuk, warna dan motif.

Sehingga harga paving block polos warna dasar tentu lebih murah dibanding harga paving block yang telah diberikan warna permukaannya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan pada tabel berikut.

Harga Paving Block K-300

Spesifikasi Harga (Rp)
Paving Block Bata 6 cm 110.000
Paving Block Bata 8 cm 125.000
Paving Block Bata 10 cm 170.000
Paving Block Segi Enam 6 cm 125.000
Paving Block Segi Enam 8 cm 135.000
Paving Block Trihex 6 cm 125.000
Paving Block Trihex 8 cm 135.000
Paving Block Cacing 6 cm 125.000
Paving Block Cacing 8 cm 135.000
Paving Block Ubin Kecil 6 cm 135.000
Paving Block Ubin Besar 6 cm 135.000
Paving Block Ubin Besar 8 cm 145.000
Paving Block Ubin Set 6 cm 135.000
Paving Block Topi Uskup 6 cm 29.700
Paving Block Topi Uskup 8 cm 33.000

Jika Anda sudah salah dalam menentukan jenis paving yang akan digunakan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kerugian materiil dengan jumlah dana yang tidak sedikit. Salah satu bata beton dengan kualitas dan mutu yang baik minimal K-300, jenis yang satu ini termasuk yang paling murah.

Harga Paving Block K-400

Spesifikasi Harga (Rp)
Paving Block Bata 6 cm 125.000
Paving Block Bata 8 cm 140.000
Paving Block Bata 10 cm 195.000
Paving Block Segi Enam 6 cm 135.000
Paving Block Segi Enam 8 cm 150.000
Paving Block Trihex 6 cm 135.000
Paving Block Trihex 8 cm 150.000
Paving Block Cacing 6 cm 135.000
Paving Block Cacing 8 cm 150.000

Harga Paving Block K-500

Spesifikasi Harga (Rp)
Paving Block Bata 6 cm 140.000
Paving Block Bata 8 cm 160.000
Paving Block Bata 10 cm 215.000

Meski termasuk yang paling murah, paving block jenis ini memiliki ketahanan yang sangat awet ketika dipakai. Namun, dibutuhkan sedikit ketelitian dalam memilih supplier khususnya untuk produk bata beton jenis K-300. Hal ini dikarenakan saking banyaknya produsen yang mengklaim memiliki bata beton jenis K-300 dengan kualitas bagus.

Ukuran Paving Block

Paving block memiliki beragam variasi mulai dari bentuk, warna hingga ukuran yang beraneka macam. Terdapat paving block yang bebentuk balok persegi empat, lalu model hexagon dengan sisi sebanyak 6 buah dan masih banyak lagi jenis dan bentuknya.

Pada umumnya paving block yang banyak digunakan oleh masyarakat memiliki tebal 6 cm, 8 cm hingga 10 cm. Untuk Lebih jelasnya mengenai ukuran paving block silahkan lihat tabel berikut.

Nama Ukuran Ketebalan Isi/m2
Persegi Panjang 21 x 10,5 cm 6, 8, & 10 cm 44 buah
Cacing Zig-Zag 22,5 x 11,2 cm 6 & 8 cm 39 buah
Hexagonal 21 x 10,5 cm 6 & 8 cm 27 buah
Trihex 19,7 x 9,6 cm 6 & 8 cm 39 buah
Kotak Ubin Kecil 10,5 x 10,5 cm 6 & 8 cm 88 buah
Kotak Ubin Besar 21 x 21 cm 6 & 8 cm 22 buah
Topi Uskup Panjang 30 cm 6 & 8 cm 13,3 buah

Cara Pasang Paving Block

Sebenarnya, melakukan pemasangan conblok bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Tetapi, karena kurangnya pengetahuan, mungkin sebagian orang merasa keberatan untuk melakukannya apalagi takut kalau hasilnya kurang rapi. Nah, agar lebih jelas, berikut adalah empat langkah mudah untuk memasang paving block.

Persiapan Pemasangan

Persiapan awal dilakukan dengan persiapan yang mudah mulai dari mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Selain itu, pengecekan pondasi juga diperlukan untuk memastikan pengerjaan yang lebih mudah nantinya. Jangan lupa untuk menyiapkan benang yang nantinya akan digunakan untuk memberi tanda pada pola conblock yang kita pasang sehingga hasil rapi bisa diharapkan.

Mengenai kemiringan pondasi, perlu anda ketahui bahwa untuk jalan, memiliki kemiringan pondasi sebesar 2,5 persen. Sedangkan untuk trotoar adalah sebesar 2 persen saja. Persiapan awal juga meliputi dari mana anda melakukan peletakan conblock pertama yang akan diteruskan hingga titik terakhir. Usahakan untuk mengikuti ttitik pertama tersebut saja agar didapatkan hasil yang lebih optimal.

Memasang Beton Pembatas

Setelah menentukan titik pertama yang akan di pasang conblock, langkah selanjutnya adalah dengan memasang beton pembatas. Beton pembatas ini juga sering disebut dengan nama kanstin. Memasang kanstin memiliki peran yang penting yaitu untuk mengimpit lapisan agar kuat dan tidak tergeser ketika menerima beban yang berat.

Menebar Pasir untuk Alas

Menebarkan pasir alas dilakukan dengan ketinggian atau ketebalan yang serupa yaitu 5 cm. Adapun jenis pasir yang digunakan untuk alas ini tidak boleh sembarangan dan harus memenuhi kriteria yaitu; butiran tajam, kasar, urut maksimal 9,5 cm, dan juga bersifat gembur. Selain itu, kadar air di dalamnya tidak boleh lebih dari 10 persen.

Selain peraturan kriteria pasir di atas. Satu lagi yang juga diperhatikan adalah ketika selesai menebar pasir, pastikan pasir tersebut tidak di injak apalagi digunakan untuk lewat kendaraan.

Memasang Paving Block

Seperti yang disebutkan di atas, anda membutuhkan benang untuk mendapatkan pola yang baik ketika memasang paving block. Mulailah dengan peletakan pertama yang benar, kemudian ikuti dengan pemasangan berikutnya dengan hati-hati menggunakan panduan dari benang yang terpasang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila pemasangan dilakukan dengan mengikuti benang yang terpasang, maka akan lebih mudah bagi anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu berpedoman pada benang untuk memasang conblock setelah pemasangan conblock yang pertama.

Nah, apabila pemasangan telah selesai langkah selanjutnya adalah dengan dengan membersihkan area yang telah terpasang conblock tersebut dengan menyapunya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan beberapa aturan khusus berikut ini.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terdapat aturan khusus tertentu yang diberlakukan kalau anda ingin mendapatkan hasil yang rapi. Salah satu aturan tersebut adalah bahwa orang yang memasang paving block harus selalu berada di atas bata beton yang telah terpasang. Dengan kata lain, tidak boleh menginjak pasir yang telah ditabur.

Terdapat nat paving yang harus anda pasang, lakukan pemasangan nat tersebut setelah paving block terpasang dengan baik. Pemasangan paving block yang rapi juga akan memengaruhi penampilan rumah anda sehingga anda pun akan menjadi lebih betah berada di rumah.