Mengenal Roster Beton, Fungsi & Harga Roster Beton

Pada umumnya, roster difungsikan sebagai tempat sirkulasi cahaya dan udara pada suatu ruangan. Namun dalam perkembangannya banyak jenis roster yang dikembangkan dari berbagai material alam lainnya, seperti roster beton, roster terakota dan roster kayu. Karena keragaman bentuk dan bahan dasarnya, kini pelan – pelan fungsi roster semakin bergeser dan meluas.

Salah satunya bisa menjadi penyekat ruangan agar sirkulasi udara antar ruang menjadi lebih baik.  Saat ini, penggunaan roster dalam suatu bangunan sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Salah satu roster yang cukup banyak dipilih untuk penyekat pada bangunan adalah roster beton.

Roster beton dibuat dari bahan dasar semen, pasir dan kerikil. Sehingga kekuatan dan ketahanannya terhadap cuaca ekstrim tidak diragukan lagi. Hal ini menjadi salah satu sebab banyak yang memilih roster jenis ini dibanding roster kayu dan terakota.

Harga Roster Beton

Karena bentuk roster beton yang beragam, tentu saja harganya juga berbeda tiap roster. Harga roster beton, juga bisa saja berubah mengikuti harga semen di pasaran, karena salah satu bahan dasar pembuatannya adalah semen. Yuk, kita kupas ragam bentuk roster beton dan harganya berikut ini.

Harga Roster Beton Dadu

Jenis Ukuran Harga (Rp)
Dadu 1 20 x 20 x 9 mm 15.500
Dadu 2 20 x 20 x 9 mm 15.500
Dadu 2 Silang 20 x 20 x 9 mm 15.500
Dadu 3 20 x 20 x 9 mm 15.500
Dadu 4 20 x 20 x 9 mm 15.500

Harga Roster Beton Motif

Jenis Ukuran Harga (Rp)
Ventilas 20 x 20 x 8 mm 16.000
Trapesium 20 x 20 x 8 mm 16.000
Silang Bulat Tengah 20 x 20 x 8 mm 16.000
Kotak Variasi 20 x 20 x 8 mm 16.000

Harga Roster Beton Bentuk

Jenis Ukuran Harga (Rp)
Segi List 26 x 9 x 7.5 mm 9.000
Silang 20 x 20 x 7.5 mm 13.000
Manggis 20 x 20 x 7.5 mm 13.000
Mercy 20 x 20 x 7.5 mm 13.000
Kotak 9 20 x 20 x 7.5 mm 13.000
Kisi – Kisi 25 x 15 x 8 mm 13.000

Fungsi Roster Beton

Roster beton merupakan salah satu material yang memiliki banyak fungsi yang dapat diaplikasikan untuk berbegai jenis konsep bangunan. Yuk, kita kupas beberapa pemanfaatan fungsi roster beton yang cukup sering diaplikasikan saat ini.

Seiring dengan perkembangan dunia konstruksi, roster kini tidak hanya digunakan sebagai penyekat antar ruangan tetapi mulai digunakan sebagai desain interior suatu ruangan. Selain sebagai interior ruang, roster juga sering digunakan sebagai tempat pot, secondary skin, dan juga digunakan sebagai pagar rumah. Roster juga memiliki ukuran yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Roster Sebagai Pagar

Fungsi roster beton yang pertama adalah sebagai pagar untuk rumah. Penggunaan roster sebagai pagar mungkin sudah menjadi hal yang tidak asing lagi saat ini. Hal tersebut dikarenakan sudah sejak lama banyak orang yang menggunakan roster sebagai pagar pelindung rumah. Penggunaan roster sebagai pagar selain dapat memberikan perlindungan pada rumah utama juga dapat menambah nilai artistik pada suatu rumah.

Roster Sebagai Material Furniture

Fungsi roster yang berikutnya adalah sebagai furniture. Penggunaan roster sebagai furnitur rumah dapat dikatakan menjadi sebuah terobosan baru dalam dunia interior desain. Biasanya, roster yang digunakan untuk perabot atau furnitur rumah merupakan hasil dari sisa roster yang tersisa untuk bahan bangunan. Dengan sedikit modifikasi dan imajinasi, roster dapat dirubah menjadi furnitur yang menarik dan juga indah.

Roster beton dapat Anda jadikan untuk membuat berbagai macam dekorasi ataupun dijadikan sebagai laci. Penempatan roster sebagai furnitur interior ruang dapat ditempatkan pada bagian ruangan yang memerlukan kesan yang kuat. Dengan sedikit polesan dan sentuhan seni, roster bekas dapat menjadi suatu perabot dan furnitur bernilai seni yang tinggi.

Roster beton ternyata juga dapat digunakan untuk membuat meja dan kursi outdoor. Untuk menciptakan semua itu, Anda cukup memberikan sedikit sentuhan seni dan kreativitas kepada roster. Selanjutnya, Anda tinggal menyusun roster tersebut dengan bentuk meja dan juga kursi. Untuk membuat roster menjadi semakin menarik, Anda dapat memberikan sentuhan warna yang natural pada meja dan kursi roster tersebut.

Roster Sebagai Dinding Utama

Fungsi roster yang selanjutnya adalah roster beton juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dinding utama bangunan. Dengan menggunakan roster sebagai dinding utama, maka kebutuhan akan jendela ruangan menjadi lebih sedikit. Ruangan akan semakin terlihat menarik dan menyenangkan dengan penggunaan roster dengan bentuk yang artistik dan juga unik.

Untuk menambah nilai keindahan pada roster yang dijadikan dinding utama, Anda dapat memberikan sentuhan warna agar roster terlihat lebih menarik. Untuk hasil yang maksimal, roster sebaiknya dicat dengan menggunakan warna yang natural. Dengan begitu, nuansa ruangan rumah Anda dapat menjadi lebih sejuk, nyaman, dan memiliki nuansa natural yang kuat.

Roster Sebagai Fasade Bangunan

Roster beton juga sering digunakan sebagai fasade bagian depan bangunan. Penggunaan roster sebagai fasade bagian depa bangunan sebenarnya sudah tidak asing lagi. Hal tersebut terbukti dari banyaknya bangunan gedung-gedung bertingkat yang menggunakan fasade depan bangunan yang terbuat dari roster. Dengan menggunakan roster sebagai fasade tentu dapat membuat bangunan terlihat lebih elegan dan mewah.

Roster Sebagai Aksesoris Taman

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan roster beton untuk dijadikan sebagai pot bunga penghias ruangan. Untuk membuat hal tersebut, Anda membutuhkan sedikit kreativitas dan juga kemauan. Anda dapat memulai dengan mengumpulkan roster yang sudah tidak terpakai. Kemudian, Anda dapat memberikan warna yang menarik sehingga penggunaan roster sebagai pot bunga dapat memberikan kesan tersendiri.

Setelah membaca dan memahami beberapa fungsi roster beton yang telah disebutkan di atas, tentu semakin membuka pikiran kita bahwa kreativitas dapat muncul dari benda apa saja. Dengan sedikit sentuhan imajinasi dan kreativitas, Anda dapat menciptakan hal baru yang bernilai tinggi. Terlebih lagi hal baru tersebut dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita.